TES BAHASA BENTUK URAIAN: UPAYA ICE ARAH KUALITAS SOAL

Pujiati Suyata,

Abstract


Berbagai upaya ke arah feningkalan kualilas pendidikan tens dilakukan. Salah
sat" di antaranya adalah dengan memantau secara lerus menerus prertasi belajar siswa.
Pemantauan yang baik dilakukan dengan pengukuran secara tepat lewal alal ukur yang
krkualitas terhadap prestasi belajar tersebut. Yang menjadi masalah, upaya apakah
yang &pal dilakukan agardiperoleh soal yang berkualitas?
Soal tes bahasa dapat berkntuk tes objektif (TO) dan dapal pula krbentuk tes
uraian (TJ). Ada anggapan, pencapaian kualiras soal TU lebih mudah sebab tidak
terlalu dituntut persyaralan yang krmacam-macam sepeni pada soal TO. Anggapan
tersebut tidak knar sebab secara garis baar kedua jenis les ternbut mempunyai
tuntutan yang sama, yaitu syarat validitas <an reliabilitas. Kalau pun ada perbedaan,
perbedaan lersebut hanya masalah teknis pelaiisnaan.
Unruk memperoleh soal TU yang bail;, penyusun soal perlu melewati
tahap-tahap lenentu yang masing-masing tahap perlu dikonlrol secara ketal. Tahaptahap
tersebut adalah percncanaan, penulisan, penelaahan, pelabnaan tes dan
penyekoran, analisis dan inlerprerasi, sena revisi. Lewat tahap-tahap tersebut, kualitas
soal TU akan dapal ditentukan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats