ISLAM PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT
Abstract
1sl:irn scbugni scbuah keyitkinan rnenempatkan pcndidikan pada
priori~asil taxna. Allall yang discbut "Rabb" mcncmpa1kanNya scbagai
pendidik sckaIia1-1 makhlukNya. Para rasul yang diutusNyrr pada ternpal
rcrtcntu merupaksn para p~ndidikb agi umatnya. Bcgilu pula dengan
kedi~duksn Nnbi Muhummad saw.
Kch:tdiran Islam sebagai scbuah kajlakinan mcrupakan fondasi
utama pcndidikan di dunia Muslim. Kebcrhasilan umat Islam pada
perjode awsl dakm mendidik rnssyarakat adnlnh karena mereka bcrlandasan
pada kcyakinan y:mg bcnar ini. Scrncntam dalarn perkembangan
selanjutnya ditcmukun adanya kcgagatan di dunia Muslim dalarn rncndidik
rn~syiirakatnya adalah karma scbagizn dari rncrcka telah meninggalkan
cantoh yang dibcrikan ole11 enerasi nwal itu. Merekn tclah mengalnbil
landasan I:lin di luar kcya If innnnpa. alau sclid~knya mereka tidak
sunggtth-strngguh manjadikan Islaln scbagai fondasi dalam proses pendidiknn
masyarnkatnyn.
Schsgni akibat dsri proscs yang dcrnikian, peran lernbaga-
Icmbaga sosial scpcr~i kcluarga, rnusjid, sckolah (msdrrzsah) dan media
rnassa, yang mcstinya bcq,cr;tn bcsar dslam proses pcndidikan rnasyarakat
mcnjsdi kcliilttngan vihlitasnys. Unluk itu pcrlu dengan segera dunia
Muslitn rncmperbaiki kckeliruannya. Dengnn kembali pada fondasi
kcyakinan yang bcnar --Islam-- proses pendidiknn masyarakat akan
mcnghasilkan Lcnvujudnyu kondisi yang idcal, mssyarakat yang sejahtera
secslra spiritu:il itan malcrinl.
priori~asil taxna. Allall yang discbut "Rabb" mcncmpa1kanNya scbagai
pendidik sckaIia1-1 makhlukNya. Para rasul yang diutusNyrr pada ternpal
rcrtcntu merupaksn para p~ndidikb agi umatnya. Bcgilu pula dengan
kedi~duksn Nnbi Muhummad saw.
Kch:tdiran Islam sebagai scbuah kajlakinan mcrupakan fondasi
utama pcndidikan di dunia Muslim. Kebcrhasilan umat Islam pada
perjode awsl dakm mendidik rnssyarakat adnlnh karena mereka bcrlandasan
pada kcyakinan y:mg bcnar ini. Scrncntam dalarn perkembangan
selanjutnya ditcmukun adanya kcgagatan di dunia Muslim dalarn rncndidik
rn~syiirakatnya adalah karma scbagizn dari rncrcka telah meninggalkan
cantoh yang dibcrikan ole11 enerasi nwal itu. Merekn tclah mengalnbil
landasan I:lin di luar kcya If innnnpa. alau sclid~knya mereka tidak
sunggtth-strngguh manjadikan Islaln scbagai fondasi dalam proses pendidiknn
masyarnkatnyn.
Schsgni akibat dsri proscs yang dcrnikian, peran lernbaga-
Icmbaga sosial scpcr~i kcluarga, rnusjid, sckolah (msdrrzsah) dan media
rnassa, yang mcstinya bcq,cr;tn bcsar dslam proses pcndidikan rnasyarakat
mcnjsdi kcliilttngan vihlitasnys. Unluk itu pcrlu dengan segera dunia
Muslitn rncmperbaiki kckeliruannya. Dengnn kembali pada fondasi
kcyakinan yang bcnar --Islam-- proses pendidiknn masyarakat akan
mcnghasilkan Lcnvujudnyu kondisi yang idcal, mssyarakat yang sejahtera
secslra spiritu:il itan malcrinl.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.9242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.