ISLAM PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT

Authors

  • Ajad Sudrajat Ajad Sudrajat

DOI:

https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.9242

Abstract

1sl:irn scbugni scbuah keyitkinan rnenempatkan pcndidikan pada
priori~asil taxna. Allall yang discbut "Rabb" mcncmpa1kanNya scbagai
pendidik sckaIia1-1 makhlukNya. Para rasul yang diutusNyrr pada ternpal
rcrtcntu merupaksn para p~ndidikb agi umatnya. Bcgilu pula dengan
kedi~duksn Nnbi Muhummad saw.
Kch:tdiran Islam sebagai scbuah kajlakinan mcrupakan fondasi
utama pcndidikan di dunia Muslim. Kebcrhasilan umat Islam pada
perjode awsl dakm mendidik rnssyarakat adnlnh karena mereka bcrlandasan
pada kcyakinan y:mg bcnar ini. Scrncntam dalarn perkembangan
selanjutnya ditcmukun adanya kcgagatan di dunia Muslim dalarn rncndidik
rn~syiirakatnya adalah karma scbagizn dari rncrcka telah meninggalkan
cantoh yang dibcrikan ole11 enerasi nwal itu. Merekn tclah mengalnbil
landasan I:lin di luar kcya If innnnpa. alau sclid~knya mereka tidak
sunggtth-strngguh manjadikan Islaln scbagai fondasi dalam proses pendidiknn
masyarnkatnyn.
Schsgni akibat dsri proscs yang dcrnikian, peran lernbaga-
Icmbaga sosial scpcr~i kcluarga, rnusjid, sckolah (msdrrzsah) dan media
rnassa, yang mcstinya bcq,cr;tn bcsar dslam proses pcndidikan rnasyarakat
mcnjsdi kcliilttngan vihlitasnys. Unluk itu pcrlu dengan segera dunia
Muslitn rncmperbaiki kckeliruannya. Dengnn kembali pada fondasi
kcyakinan yang bcnar --Islam-- proses pendidiknn masyarakat akan
mcnghasilkan Lcnvujudnyu kondisi yang idcal, mssyarakat yang sejahtera
secslra spiritu:il itan malcrinl.

Downloads

Published

2016-05-12

How to Cite

Ajad Sudrajat, A. S. (2016). ISLAM PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.9242