PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT INDONESIA

Marzuki Marzuki,

Abstract


Islam dengan kedua sumber pokoknya Alquran dan Sunnah merupakan agama
yang sarat dengan konsep-konsep ilmu pengetahuan. baik ilmu-ilmu yang berkaitan
dengan agama senditi maupun ilmu-ilmu umum atau ilmu-ilmu modem. Salah satu dari
konsep-konsep yang digatiskan oleh Islam adalah konsep pendidikan.
Oalam konsep Islam. pendidikan yang sebenamya adalah pendidikan yang
bertujuan mewujudkan akhlak alau budi pekerti yang luhur. Oi samping itu, Islam tidak
hanya mementingkan pemerolehan ilmu yang dipelajari saja (aspek kognitif), melainkan
juga pengamalan ilmu yang diperolehnya (aspek afektif dan psikomototik) serta harus
dilandasi dengan nilai-nilai agama, yakni keimanan dan ketaqwaan kepada Allah swr.
Dengan demikian, Islam tidak banya mementingkan masalah fikir tetapi Islam lebih
mementingkan masalah zikir.
Eksistensi Pendidikan Agama (termasuk Pendidikan Agama Islam atau PAl) di
Perguruan Tinggi Umum di samping merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh
mahasiswa, juga sangat berarti untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan
seperti yang digatiskan oleh Sistem Pendidikan Nasional. yaitu manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuban Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur. PAl
dibarapkan betimplikasi pada telWUjudnya masyarakat yang berkualitas (baik kualitas
fildr maupun zikir), kreatif, produktif, serta dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan
kepada Allah swr.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats