MENERAWANG PERGURUAN TINGGI DI ERA GLOBALISASI
Abstract
Era globalisasi telah dapat kita identifikasi, bercirikan ekonomi behas.
berakibal persaingan mulu pada barang, jasa, dan lenaga kerja. Maka perlu dipikirkan
akan kebutuhan-kebuluhannya. selanjulnya mengadakan penyesuaian terulama oleh
perguruan tinggi. Hal ini disebabkan mulu perguruan tinggi menyangkut persoalan
martabal bangsa.
Era globalisasi sangal dipengaruhi oleh perkembangan IPTEK, bersifal
komprehensif dan terpadu saling lerganlung, jarak ilmu pengelahuan dan teknologi
akan semakin dekal, begilu juga penemuan-penemuan sesualu yang baru akan semakin
dekat dan cepat diujudkan ke dalam sesualu untuk dikomersialisasikan. Sebagai
akibatnya perguruan tinggi menghadapi tantangan paradigma baru, tantangan
kondisional siluasional. operasional. mUlu, moral agama. iman dan laqwa. serta falsafah
Pancasila. Perguruan linggi tidak lagi memimpin di bidang keilmuan. dipengaruhi olch
banyak pihak. birokrasi. bahkan lelah terjebak dalam kegiatan-kegialan komersial.
Tiba saalnya perguruan linggi menyusun slrategi baru menuju perguruan tinggi
yang bennutu dengan memperhalikan lima faktor yaitu dengan peningkalan
akunlabililas. akredilas. olonomi. evaluasi, proses manajemen, dan huhungan kepada
masyarakal. apahila perguruan linggi menghendaki dapal dilerima dan bcrhasil di era
globalisasi
berakibal persaingan mulu pada barang, jasa, dan lenaga kerja. Maka perlu dipikirkan
akan kebutuhan-kebuluhannya. selanjulnya mengadakan penyesuaian terulama oleh
perguruan tinggi. Hal ini disebabkan mulu perguruan tinggi menyangkut persoalan
martabal bangsa.
Era globalisasi sangal dipengaruhi oleh perkembangan IPTEK, bersifal
komprehensif dan terpadu saling lerganlung, jarak ilmu pengelahuan dan teknologi
akan semakin dekal, begilu juga penemuan-penemuan sesualu yang baru akan semakin
dekat dan cepat diujudkan ke dalam sesualu untuk dikomersialisasikan. Sebagai
akibatnya perguruan tinggi menghadapi tantangan paradigma baru, tantangan
kondisional siluasional. operasional. mUlu, moral agama. iman dan laqwa. serta falsafah
Pancasila. Perguruan linggi tidak lagi memimpin di bidang keilmuan. dipengaruhi olch
banyak pihak. birokrasi. bahkan lelah terjebak dalam kegiatan-kegialan komersial.
Tiba saalnya perguruan linggi menyusun slrategi baru menuju perguruan tinggi
yang bennutu dengan memperhalikan lima faktor yaitu dengan peningkalan
akunlabililas. akredilas. olonomi. evaluasi, proses manajemen, dan huhungan kepada
masyarakal. apahila perguruan linggi menghendaki dapal dilerima dan bcrhasil di era
globalisasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.