CARA MENGATASI KESULITAN BELAJAR AKIBAT D1SFUNGSI MINIMAL OTAK (DMO)
Abstract
Disfungsi Minimal Otak (DMO) yang' terja<li pada 'anak
usia sekolah dapat berwujud sebagai gejala disfasia, disleksia,
disgrafia, dispraksia, disk;:t.lkulia dan gangguan atensi. Scmua
ini tercakup dalam Kesulitan Belajar Spesifik yang disebabkan
karena adanya suatu kelainan pada fungsi dari sistem sraraf
sentral. Kesulitan belajar spesifik dapat berbentuk kombinasi
dari kerusakan dalam pemahaman pembentukan kons~p,
bahasa, ingatan, perhatian dan Iungsi motot"ik.
Untuk mengetahui kesulitan belajar anak DMO lebih
sulit dibandingkan dengan melldeteksi kesulitan bela jar akihat
adanya gangguan penglihatan, pendengaran dan ret.at"dasi
mental karena untuk mengetahui kesulitan belajar spesifik
memerlukan perhatian dan cara yang teliti dan memerlukan
bantuan dad ahli-ahli berbagai disiplin Hmu, sepet"ti dokter,
rsikolog ataupun therapis lain.
Beberapa program untuk melayani anak yang mengalami
kesuIii:an belajar spesifik meliputi. antjlra lain: 1. KerJasarna
antara para spesialis; 2. Pemberian bimbingan dnn
konseling; 3. Pemberian modifikasi perilaku; 4. Program
remidiasi; 5. Pelayanan khusus di sekolah; 6. Pendekatan
Taktil-kinestetik dalam belajar; 7. Pendekatan VAKT secara
l?imultan. Diharapkan 'guru mampu menangani anak DMO
dengan cara-cara khusus untuk membantu mengatasi kesulitan
belajar yang disandangnya.
usia sekolah dapat berwujud sebagai gejala disfasia, disleksia,
disgrafia, dispraksia, disk;:t.lkulia dan gangguan atensi. Scmua
ini tercakup dalam Kesulitan Belajar Spesifik yang disebabkan
karena adanya suatu kelainan pada fungsi dari sistem sraraf
sentral. Kesulitan belajar spesifik dapat berbentuk kombinasi
dari kerusakan dalam pemahaman pembentukan kons~p,
bahasa, ingatan, perhatian dan Iungsi motot"ik.
Untuk mengetahui kesulitan belajar anak DMO lebih
sulit dibandingkan dengan melldeteksi kesulitan bela jar akihat
adanya gangguan penglihatan, pendengaran dan ret.at"dasi
mental karena untuk mengetahui kesulitan belajar spesifik
memerlukan perhatian dan cara yang teliti dan memerlukan
bantuan dad ahli-ahli berbagai disiplin Hmu, sepet"ti dokter,
rsikolog ataupun therapis lain.
Beberapa program untuk melayani anak yang mengalami
kesuIii:an belajar spesifik meliputi. antjlra lain: 1. KerJasarna
antara para spesialis; 2. Pemberian bimbingan dnn
konseling; 3. Pemberian modifikasi perilaku; 4. Program
remidiasi; 5. Pelayanan khusus di sekolah; 6. Pendekatan
Taktil-kinestetik dalam belajar; 7. Pendekatan VAKT secara
l?imultan. Diharapkan 'guru mampu menangani anak DMO
dengan cara-cara khusus untuk membantu mengatasi kesulitan
belajar yang disandangnya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.