KAJIAN ILMIAH TENTANG ILMU PENDIDIKAN

L. Hendrowibowo,

Abstract


Sebagian ahli pendidikan mengatakan bahwa ilmu pendidikan
adalah penerapan ilmu-ilmu lain dalam praktek pendidikan.
Pendidikan hanyalah memanfaatkan hasil-hasil ailtropologi,
5Osiologi, dan psikologi. Dengan telaah yang lebih
dalam, kita temukan bahwa ilmu pendidikan sebagai ilmu
yang berdiri sendiri, memiliki obyek dan metode kajian yang
berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain.
Untuk mengkaji sesuatu ilmiah atau bukan harus dikaitkan
denga tiga dasar keilmuan, yakni:: ontologis. epistemologis,
dan aksiologis. Ontologis berkaitan dengan oby~k, epistemologis
berkaitan dengan metode dan sistematikanya, dan
aksiologis berkaitan dengan kesejahteraan umat manusia.
neogan tiga dasar keilmuan di atas, ilmu pendidikan
memenuhi syarat sebagai ilmu yang berdiri sendiri, bukan
sebagai kumpulan dari ilmu-ilmu lain.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats