TEKNIK DELPHI SUATU PENDEKATAN DAtAM PERENCANAAN PENDIDIKAN

Soenarto Soenarto,

Abstract


Perencanaan pendidikan merupakan tahap awal dad
aktivitas institusi pendidikan dan latihan yang harus dilakukan
pada saat yang tepat dan didukung oleh data yang akurat
sehingga program yang direncanakan dapat diimplementasikan
dengan baik dan dapat dicapai hasil yang optimal. Data yang
akurat hanya diperoleh dari orang yang mengetahui permasalahan
yang terkait dengan aktivitas organisasi, dengan
menggunakan instrumen yang benar, dan ditempuh melalui
pendekatan yang sesuai.
Dalam perencanaan pendidikan dapat dilaksanakan
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. pendekatan kuantitatif,
dan pendekatah gabungan antara kualitatif dengan
kuantitatif•.Pendekatan kualitatif dicapai dengan menentukan
prakiraan keberhasilan dan proyeksi di masa yang akan
datang lewat musyawarah dan mufakat di antara para pakar.
Cara ini disebut Teknik Delphi. Penerapan Teknik Delphi
tampaknya sangat sesuai dengan pola berpikir bangsa Indonesia
yang mengan~t falsafah Pancasila, di mana makna pada
sila ke-4 adalah musyawarah uotuk mencapai mufakat dalam
menyelesaikan masalah.
Penerapan Teknik Delphi didasarkan pada 3 asumsi: (1)
pendapat beberapa orang secara konsensus lebih baik dan
lebih komprehensif daripada hanya pendapat seseorang; (2)
untuk memperoleh data yang akurat, para panel~s hendaknya
orang yang berpandangan luas tentang masa depan dan
mengetahui permasalahan yang terkait dengan tujuan organisasi;
(3) untuk memperoleh data yang bebas dari rancu, para
pakar diusahakan tidak saling berkomunikasi. Penggunaan
Teknik De1phi dapat dicapai 3 sasaran: (1) penentuan tujuan
lembaga; (2) penentuan jenis pertanyaan dalam instrumen
analisis ~ebutuhan; dan (3) penentuan persyaratan yang harus
dipenuhi dan formulasi strategi untuk mencapai tujuan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats