PENDIDIKAN BAHASA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN NASIONAL
Abstract
Prolil manusia Indonesia yang berkualitas dibeberkan dengan jelas dalam
rumusan lujuan pendidikan nasional. Dunia pendidikan bahasa yang terentang dari
pendidikan prasekolah sampai pendidikan tinggi, mencakup pendidikan bahasa daerah,
nasional dan internasianal, mempakan lembaga yang ikut benanggungjawab
mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Anikel ini membahas tentang seberapa jauh
pendidikan bahasa mampu berperandalam pencapaian lujuan pendidikan nasional.
Pembahasan tentang peranan pendidikan bahasa dalam konteb pendidibn
nasional dimulai dengan pembahasan tentang apa, bagaimana, dnn untuk apa bahasa,
dilanjutkan dengan identitihi tentang.belajar bahasa. Pembahasan tentang belajar
bahasa merupakan dasar dalam pembahasan tentang bagaimana sebaiknya pendidikan
bahasa direncanabn, dilaksanakan, dikembangbn untuk pencapai berbagai macam
brakteristik hasil belajar bahasa yang mewujudkan suniber daya manusia yang
berkualitas, sesuai dengan citacita pendidikan nasional.
Hasil pembahasan menyimpulkan bahwa tugas gum sebagai perencana.
pelaksana, dan pengembang pendidikan bahasa adalah membuat stidikan anIi li,
dan lemujud dalam peran-peran designer, drwbpcr, jocililnlw, manager, rvoluolor,
nrmclrcr, dan dimmirma.
Pendidikan bahasa dapat berperan sena dalam pencapaian tujuan pendidikan
nasional, apabila proses link and molch antara tujuan dengan berbagai macam peran
guru dapat d i l a h n a b n dengan baik, apabila dimulai dengan pendidikan bahasa y?ng
bersifal kognilif- ilmiah dan diarahkan lie pendidikan melalui bahasa yang benitat
efektil-krealit Pendidibn bahasa terdiri atas dua sisi yang saling melengkapi, yaitu
longrurgr nltlcolion, dan nlumlion ll~mughb nguoge,
rumusan lujuan pendidikan nasional. Dunia pendidikan bahasa yang terentang dari
pendidikan prasekolah sampai pendidikan tinggi, mencakup pendidikan bahasa daerah,
nasional dan internasianal, mempakan lembaga yang ikut benanggungjawab
mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Anikel ini membahas tentang seberapa jauh
pendidikan bahasa mampu berperandalam pencapaian lujuan pendidikan nasional.
Pembahasan tentang peranan pendidikan bahasa dalam konteb pendidibn
nasional dimulai dengan pembahasan tentang apa, bagaimana, dnn untuk apa bahasa,
dilanjutkan dengan identitihi tentang.belajar bahasa. Pembahasan tentang belajar
bahasa merupakan dasar dalam pembahasan tentang bagaimana sebaiknya pendidikan
bahasa direncanabn, dilaksanakan, dikembangbn untuk pencapai berbagai macam
brakteristik hasil belajar bahasa yang mewujudkan suniber daya manusia yang
berkualitas, sesuai dengan citacita pendidikan nasional.
Hasil pembahasan menyimpulkan bahwa tugas gum sebagai perencana.
pelaksana, dan pengembang pendidikan bahasa adalah membuat stidikan anIi li,
dan lemujud dalam peran-peran designer, drwbpcr, jocililnlw, manager, rvoluolor,
nrmclrcr, dan dimmirma.
Pendidikan bahasa dapat berperan sena dalam pencapaian tujuan pendidikan
nasional, apabila proses link and molch antara tujuan dengan berbagai macam peran
guru dapat d i l a h n a b n dengan baik, apabila dimulai dengan pendidikan bahasa y?ng
bersifal kognilif- ilmiah dan diarahkan lie pendidikan melalui bahasa yang benitat
efektil-krealit Pendidibn bahasa terdiri atas dua sisi yang saling melengkapi, yaitu
longrurgr nltlcolion, dan nlumlion ll~mughb nguoge,
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.9107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.