DARl AGENDA FEMINISME, KEBEIOIASAN, HINGGA EBAK ANAK-ANAK I)ALAM BRIDGE TO TERABITHlA

Widyastuti Purbani Widyastuti Purbani,

Abstract


ii;lra pakar sastrz anak ~nengakuib allwa c::riia a!~abp; ads
x:rllLillli1ya inasih inenceritaic~itn~j piati kaum deivasa ieii~iidii,:a ct;~ha!
iak. dari beiuln melihat anak serta kebutuhanoy;) sepcrti apa
seliarusnya. Karenanya, cerita anak cenderung hcrsifat didaktis dan
rnri~pgurui.
B~-r&e rn Itrnbithi~l adalah contoh novel anak yang
be~.hecia densan ganiharan tersebut di atas Novel ini kccu'tli
ri~cncel-ir;ikana nak-anak seperti apa adanyn. juga berpihak pada
kebut~~hru~-kcbt!t~tahnnakn dan remaja. Karya Katherine Paterson
yang sernpat ~neraih Newberry Medal ini hnhkan niengkritik knunl
deivasa yang secara tidak sadar sering 'men,ja.iah' annk-anak.
Terabithia sencliri ~nenyim bolkan suatu tcir-rpaty ang nie11,jadi irnpian
anak-anak, jauh dari 'penjajalia~l'kaum dewasa.
Yarig juga penting untuk diungkapkan dari cerita ini
adalah penokohan Leslie sebagai remaja wanita yang keluar dari
pola Seminitas tradisional. Leslie digamharkan sebagai gadis lusuh
yang cerdas, tranipil dan riiandiri, yang cocok untuk dijadihan rolerllodel
dalaln upaya ~nemberdayakan remaja wanita dan
mcningkatkan sel/-esteem mereka.
Tulisan ini mengupas ha1 ikhwal feminisn~c, kebeb;isan
anak, hak dan kebutuhan-kebutuhan anak dan sedikit tentang
postmodernisme, yangmerupakan kandungan dari novel ini

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats