LAMBANNYA INOVASI DAN PENINGKATAN KUALITAS PENDXDTKAN JASMANf DI INDONESIA
Abstract
Pendidiknn jasmani n~crupakan bagiari ii?!egi.,~i tt.:r-i
pendidikan dan didelinisikan sebagai peiididikar~ iilc!alui ak;~iit;~s
fisik untuk rneningkatkan individu secara organik, ncuron~uskrtlcr.
intelektual. dan emosional. Pelaksanaannya di!akukan di sekolalisekolah.
mulai dari sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah,
hahkan seharusnya sampai perguruan tinggi, dan diharapkan dapat
mernberi kontl.ibusi unluk pcncapaian tujuan pendidikan nasional.
Inovasi. pendidikan jasmani yang telah dilakukan di
Indonesia belutn mengena pada sasarannya, Iianya sekedar istilah
atall nama siia sang diganti. sehingga masih mencari idenlitas diri.
l'ulisan ini bertiquan niengungkap permasalahan yang titnbui pada
inovasi dan kimlitas pendidikan jastnani di Indonesia yang pada
gilirannya dapat memberikan kontribusi pada tujuan pendidikan
nasional.
lnovasi pendiciikan jasmani di Indonesia dilentukan oleh
kurikulum. pengambi! kebijakan, dan strategi untuk inovasi.
Sedangkan kualitas pendidikan jasmani di Indonesia masih belum
sesuai dengan harapan para pakar pendidikan jasmani, karena
faktor-faktor penentu yaitu dana, sarana prasarana, kurikulum.
pendidik, peserta didik, lingkungan, dan evaluasi belum sesuai
dengan harapan.
pendidikan dan didelinisikan sebagai peiididikar~ iilc!alui ak;~iit;~s
fisik untuk rneningkatkan individu secara organik, ncuron~uskrtlcr.
intelektual. dan emosional. Pelaksanaannya di!akukan di sekolalisekolah.
mulai dari sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah,
hahkan seharusnya sampai perguruan tinggi, dan diharapkan dapat
mernberi kontl.ibusi unluk pcncapaian tujuan pendidikan nasional.
Inovasi. pendidikan jasmani yang telah dilakukan di
Indonesia belutn mengena pada sasarannya, Iianya sekedar istilah
atall nama siia sang diganti. sehingga masih mencari idenlitas diri.
l'ulisan ini bertiquan niengungkap permasalahan yang titnbui pada
inovasi dan kimlitas pendidikan jastnani di Indonesia yang pada
gilirannya dapat memberikan kontribusi pada tujuan pendidikan
nasional.
lnovasi pendiciikan jasmani di Indonesia dilentukan oleh
kurikulum. pengambi! kebijakan, dan strategi untuk inovasi.
Sedangkan kualitas pendidikan jasmani di Indonesia masih belum
sesuai dengan harapan para pakar pendidikan jasmani, karena
faktor-faktor penentu yaitu dana, sarana prasarana, kurikulum.
pendidik, peserta didik, lingkungan, dan evaluasi belum sesuai
dengan harapan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9036
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.