SENINYA MENGAJAR, DAN MENGAJAR SENI
Abstract
Disadari bahwa ketika pengajar berdiri di depan kelas. ia telah memerankan
dirinya sendiri sebagai aktor. Siswa bisa dianggap sebagai publik atau penonton.
Dan, kelas dianggap sebagai panggung pertunjukan. Dengan demikian, pengajar
moo tidal< mau harus berakting ketika ia rnenyampaikan materi ajarannya. Untuk
itulah, pengajar nampaknya rnemerlukan bekal pengetaQuan prinsip dasar dramatuTgi.
Pengetahuan akan prinsip dasar dramaturgi ini akan menyebabkan pengajar
mampu berakting dan menempatkan dirinya dengan tepat dan benar di depan kelas.
dirinya sendiri sebagai aktor. Siswa bisa dianggap sebagai publik atau penonton.
Dan, kelas dianggap sebagai panggung pertunjukan. Dengan demikian, pengajar
moo tidal< mau harus berakting ketika ia rnenyampaikan materi ajarannya. Untuk
itulah, pengajar nampaknya rnemerlukan bekal pengetaQuan prinsip dasar dramatuTgi.
Pengetahuan akan prinsip dasar dramaturgi ini akan menyebabkan pengajar
mampu berakting dan menempatkan dirinya dengan tepat dan benar di depan kelas.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.8685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.