PENDEKATAN KOMUNIKASI TOTAL BAGI ANAK TUNARUNGU

Suparno Suparno,

Abstract


Kondisi tidak berfungsinya organ pendengaran secara nOfmal pada aDak
tunarungu, menyebabkan kurang atau tida,k mampu mengadakan komunikasi
dengan sesama dan atan dengan lingkungannya.
Dalam kondisi yang semacam ito, berbagai upaya dilakukan dalam rangka
mengantarkan aDak-aDak tunarungu menuju ke.arah kehidupan yang wajar. Upaya
untuk memenuhi tuntutan ito adalah pengembangan komunikasi bagi aDak-aDak
tunaTungu melalui pendekatan Komunikasi Total. Dengan pendekatan ini
ctiharapkan aDak tunaruogu dapat mengernbangkan dirinya seoptimal mungkin
dalam berkomunikasi.
Komunikasi total melibatkan berbagai spektrum berbahasa yang meliputi;
gerak-gerik (gestures), bahasa isyarat {sign language}, berbicara, membaca ujaran,
membaca, menulis serta pemanfaatan sisa pendengaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.8684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats