PERLUNYA MEMAHAMI PENDIDIKAN SECARA KRITIS
Abstract
Kurikulum sebagai alat dalam proses pembelajaran tidak dapat
mempunyai basis atau dasar. Yang ada ialah kurikulum yang bertujuan
kompetensi, yang harus memungkinkan untuk meluluskan
para pelajar yang memang kompeten. Itulah mengapa ia memberi
kepanjangan KBK, bukan Kurikulum Berbasis Kompetensi, melainkan
Kurikulum Bertujuan Kompetensi (hal 3). Kompetensi macam
apa? Apa yang disampaikan penulis lebih diarahkan pada satuan
pendidikan SD, SLTP dan SMU, satuan-satuan pendidikan ini
menghasilkan kompetensi apa? Lebih-Iebih SD dan SLTP. Untuk
semua SMK sudah jelas, lulusannya harus kompeten dalam kejuruan
yang diajarkan kepada mereka.
mempunyai basis atau dasar. Yang ada ialah kurikulum yang bertujuan
kompetensi, yang harus memungkinkan untuk meluluskan
para pelajar yang memang kompeten. Itulah mengapa ia memberi
kepanjangan KBK, bukan Kurikulum Berbasis Kompetensi, melainkan
Kurikulum Bertujuan Kompetensi (hal 3). Kompetensi macam
apa? Apa yang disampaikan penulis lebih diarahkan pada satuan
pendidikan SD, SLTP dan SMU, satuan-satuan pendidikan ini
menghasilkan kompetensi apa? Lebih-Iebih SD dan SLTP. Untuk
semua SMK sudah jelas, lulusannya harus kompeten dalam kejuruan
yang diajarkan kepada mereka.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8552
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.