PENINGKATAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DAN SPIRITUAL QUOTIENT MELALUI PELATIHAN BERBASIS NILAI SPIRITUAL GURU MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan OCB dan SQ guru di Madrasah Tsnawiyah (MTs) melalui pelatihan berbasis nilai-nilai spiritual serta korelasi antara OCB dan SQ guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Pelatihan yang melibatkan 58 guru di MTs dilaksanakan selama 3 (tiga hari) dengan materi pelatihan terkait dengan: character building, kerja dan produktifitas dalam Islam. Data diambil melalui tes yakni sebelum dan sesudah pelatihan dengan sebuah instrumen yang berupa soal-soal pilihan ganda. Pada akhir penelitian ditemukan bahwa OCB dan SQ responden masing-masing meningkat sebesar 52,13% dan 53,56% yaitu dalam kategori "sedang". Sementara korelasi antara OCB dan SQ diperoleh sebesar 0,897 sehingga dapat dikatakan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara OCB dan SQ dengan terbukti rcount > rtabel, yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian pelatihan berbasis nilai spiritual yang bekelanjutan diperlukan untuk menjaga "stamina" OCB dan guru SQ, sehingga kualitas dan produktivitas pekerjaan guru meningkat.
Kata kunci: OCB, SQ, Mts GuruFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8073
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.