STRATEGI PELAKSANAAN "PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES" DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Abstract
Sebagai pelaksanaan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 04611U/83 tentang perbaikan kurikulum pendidikan dasar dan menengah di lingkungan Depdikbud RI maka diberlakukanlah Kurikulum Sekolah Menengah 1984. Salah satn chi khusus-kurikulum tersebut rnenyebutkan bahwa proses belajar mengajar berorientasi pada Cara Belajar Siswa Aktif dengan pendekatan keterampilan proses.
Yang dimaksud dengan pendekatan Keterampilan Proses dalam belajar mengajar adaIah snatu pendekatan yang bertujuan agar siswa terampil mengelola perolehannya yang didapat melalui proses belajar mengajar yang memberi kesempatan yang lebih luas kepada siswa untuk mengamati, menggolongkan, menafsirkan, meneliti, dan mengkomunikasikan bahan yang mereka pelajari.
Keterampilan mengelola hasil belajar hanya akan diperoleh jika dalam proses belajar mengajar itu guru mengetahui dan melaksanakan langkah-Iangkab pelaksanaan pendekatan keterampilan proses dan cara menyusun rencana pengajaran yang sesuai dengan pendekatan tersebut.
Pembicaraan dalam pola pelaksanaan pendekatan keterarnpilan proses ini diantaranya meliputi tujuan dan lingkup kegiatan. asas, bentuk langkah-Iangkah, dan contoh satuan pelajaran bagi pelaksanaan pendekatan keterampilan proses dalam kegiatan belajar mengajar.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.