TlPE PERNYATAAN KRITIS TERHADAP KARYA SENI RUPA SEBAGAI SALAH SATU INDIKATOR KEMAMPUAN APRESIATIF SUBYEK DIDIK
Abstract
Pernyataan kritis atau komentar yang diberikan terhadap suatu karya seni rupa oleh seseorang tidak mustahil sangat berbeda dengan orang yang lain. Perbedaan-perbedaan komentar ini menunjukkan adanya macam-macam tipe "kedalaman" penghayatan seni. Tipe-tipe pernyataan itu dapat dimanfaatkan dalam pendidikan seni rupa sebagai salah satu sumber data dalam usaha mendapatkan gambaran yang lebih lengkap mengenai tingkat kemampuan apresiasi seni rupa subyek didik sebagaihasil belajar mereka. Evaluasi hasil belajar dalam pendidikan seni rupa selama ini dirasa masih mengandung hal-hal yang pelik, khususnya antara lain dalam hal pengukuran kemampuan apresiasi. Tulisan ini disajikan dengan sifat imajinatif; dengan demikian untuk keperluan evaluasi yang operasional perlu ditunjang penelitian kancah dan analisis yang seksama, khususnya dalam kondisi pendidikan seni rupa di Indonesia.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.7469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.