Misconception of reading literacy and its impacts on literacy acculturation in school
Ribut Wahyu Eriyanti, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
Ria Arista Asih, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmed, Z., Nathaniel, S. P., & Shahbaz, M. (2021). The criticality of information and communication technology and human capital in environmental sustainability: Evidence from Latin American and Caribbean countries. Journal of Cleaner Production, 286. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.125529
Berry, V., Sheehan, S., & Munro, S. (2019a). What does language assessment literacy mean to teachers? In ELT Journal (Vol. 73, Issue 2). https://doi.org/10.1093/elt/ccy055
Berry, V., Sheehan, S., & Munro, S. (2019b). What does language assessment literacy mean to teachers? In ELT Journal (Vol. 73, Issue 2). https://doi.org/10.1093/elt/ccy055
Dan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, K. P. dan K. (2018). Konsep Literasi dalam Kurikulum 2013.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of qualitative research (1st ed.).
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (4th ed.). Gramedia Pustaka Utama. .
Devi, M., Annamalai, M. A. R., & Veeramuthu, S. P. (2020). Literature education and industrial revolution 4.0. Universal Journal of Educational Research, 8(3). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080337
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2018). Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. . Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Dirjen Guru dan Kependidikan. (2018). Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fausan, M. M., 1, 2, Susilo, H., 3, 1, 1, * A. G., 1, Sueb, 1, & Farrah Dina Yusop. (2021). The scientific literacy performance of gifted young scientist candidates in the digital age. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 467–479. https://doi.org/doi:10.21831/cp.v40i2.39434
Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019a). The struggle of Indonesian students in the context of TIMSS and Pisa has not ended. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2).
Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019b). The struggle of Indonesian students in the context of TIMSS and Pisa has not ended. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2).
Harsiati, T. (2018a). Karakteristik soal literasi membaca pada program. LITERA, 17(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048
Harsiati, T. (2018b). Karakteristik soal literasi membaca pada program PISA. LITERA, 17(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048
Harsiati, T., & Priyatni, E. T. (2017a). Karakteristik tes literasi membaca pada Programme for International Studen Assessment (PISA). Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(2). https://doi.org/10.17977/um008v1i22017p001
Harsiati, T., & Priyatni, E. T. (2017b). Karakteristik tes literasi membaca pada programme for international student asessment (PISA). Bibliotika : Jurnal Kajian perpustakaan dan informasi, 1(2). https://doi.org/10.17977/um008v1i22017p001
Hartanto, A. P. & H. S. (2019). Skor Indonesia pada Programme for International Student Assessment (PISA) Masih di bawah rata-rata. Https://Www.Jawapos.Com/Nasional/04/12/2019/Terkait-Hasil-Pisa-Mendikbud-Nadiem-Indonesia-Krisis-Literasi/.
Hermawan, R., & Zen, Z. (2006). Etika Kepustakawanan: Suatu Pendekatan terhadap Profesi dan Kode Etik Pustakawan Indonesia. Sagung Seto.
Hutapea, P. E. (2019). Literasi Baca Indonesia Rendah, Akses Baca Diduga Jadi Penyebab. Https://Edukasi.Kompas.Com/Read/2019/06/23/07015701/Literasi-Baca-Indonesia-Rendah-Akses-Baca-Diduga-Jadi-Penyebab.
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. Kembara Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1). https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842
Junaidi, A. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Junaidi, Aris, dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untDirektorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kim, H. J., Yi, P., & Hong, J. I. (2020). Students’ academic use of mobile technology and higher-order thinking skills: The role of active engagement. Education Sciences, 10(3). https://doi.org/10.3390/educsci10030047
Lase, D. (2019). Education and industrial revolution 4.0. Handayani Journal PGSD FIP Unimed, 10(1). https://doi.org/10.24114/jh.v10i1.14138
LIPI. (2020). Apa itu big data? Https://Www.Youtube.Com/Watch?V=aC2CmTTZTVU.
Miles & Hubberman. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru (Tjetjep Rohendi Rohidi, Ed.). UI Press.
OECD. (2016). The Survey of Adult Skills: Reader’s Companion, Second Edition, OECD Skills Studies. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264258075-en
Perry, K. H. (2012a). What is literacy? -- A critical overview of sociocultural perspectives. Journal of Language and Literacy Education. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Perry, K. H. (2012b). What is literacy? -- A critical overview of sociocultural perspectives. Journal of Language and Literacy Education. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pikiran Rakyat.com. (n.d.). Penelitian Kemendikbud, hasil literasi siswa Indonesia membaik. Https://Litbang.Kemendagri.Go.Id/Website/Hasil-Penelitian-Kemendikbud-Kemampuan-Literasi-Siswa-Indonesia-Membaik/.
Prawiro, M. (2019). Arti literasi: Pengertian, tujuan, manfaat, dan jenis-jenis literasi. Www.Maxmanroe.Com.
Priyatni, T. E., & Nurhadi. (2017). Membaca kritis dan literasi kritis. Tisa Mart.
Ruhl, J. (2015). Teaching methods for inspiring the students of the future.
Saptono, A., Suparno, S., Wibowo, A., Ahman, E., Ismiyati, I., & Sukayugi, D. (2020). An analysis of higher-order thinking skills (HOTS) in the learning of economics. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(4). https://doi.org/10.26803/ijlter.19.4.16
Setiawan, A., & Anton. (2013). Baca kilat for students: The smart learning strategy. Gramedia.
Simsek, E., & Simsek, A. (2020). New Literacies for Digital Citizenship. Contemporary Educational Technology, 4(2). https://doi.org/10.30935/cedtech/6097
Singh, C. K. S., Gopal, R., Ong, E. T., Singh, T. S. M., Mostafa, N. A., & Singh, R. K. A. (2020). ESL teachers’ strategies to foster higher-order thinking skills to teach writing. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 17(2). https://doi.org/10.32890/mjli2020.17.2.7
Stacey, K. (2011a). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126
Stacey, K. (2011b). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126
Subandiyah, H. (2017). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Paramasastra, 2(1). https://doi.org/10.26740/parama.v2i1.1502
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta., April 2015, 31–46. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sujarwo, S. (2015). Pendidikan di Indonesia memprihatinkan. Jurnal Ilmiah WUNY, 15(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v15i1.3528
Suwardana, H. (2018). Revolusi industri 4. 0 berbasis revolusi mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 1(1), 102. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117
Tampubolon. (2015). Kemampuan membaca: teknik membaca efektif dan efisien. Angkasa.
Ummah, L. F. (2020). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran jarak jauh bahasa dan sastra indonesia. Jurnal Edukasi khatulistiwa, 3(2). https://doi.org/10.26418/ekha.v3i2.41259
Upton, J. (2021). The importance of literacy. In Teach Now! Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781315768816-13
Veloo, A., & Mat Ali, R. (2014). Suatu tinjauan tentang jenis-jenis dan penyebab miskonsepsi fisika. In Jurnal Pendidikan sains Indonesia (Vol. 02, Issue 01). http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Wahono, R. S. (2021). Data mining. Https://Www.Youtube.Com/Watch?V=h82NuHDNhK.
Widyani, N. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wiedarti, P. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yunus, A., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan lLiterasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.53041
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.