PENGEMBANGAN LABORATORIUM KEWIRAUSAHAAN TERPADU PRODI PENDIDIKAN EKONOMI
Sri Sumaryati,
Leny Noviani,
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menguji efektivitas prototipemodel laboratorium entrepreneurship terpadu di Program Studi Pendidikan Ekonomi melalui uji coba secara terbatas; (2) melakukan evaluasi dan revisi model; (3) uji coba secara lebih luas, model yang disarankan bagi upaya pengembangan ke depan. Pendekatan penelitian menggunakan research and development dengan dua tahapan penelitian. Pada tahap pertama telah dilakukan studi eksplorasi dan membuat prototipe model praktik kewirausahaan terpadu. Hasil penelitian tahap kedua adalah (1) uji coba rancangan model pada kelompok terbatas efektif ditunjukkan dengan kreativitas dan antusiasme serta keberhasilan tiga kelompok uji coba dalam menghasilkan dan menjual produk usaha. (2) Dari hasil evaluasi dan revisi, prototipe model pembelajaran praktik entrepreneurship terpadu dan model laboratorium entrepreneurship terpadu layak digunakan, revisi hanya pada teknis pelaksanaan. (3) Hasil uji coba model secara lebih luas, secara keseluruhan menyatakan model laboratorium entrepreneurship layak untuk digunakan dan diusulkan untuk dilaksanakan di Prodi pendidikan Ekonomi, PIPS, FKIP, UNS. Kata Kunci: laboratorium kewirausahaan terpadu, entrepreneurship terpadu
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.