ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS PERSONALITY IN STUDENTS LEARNING MOTIVATION TO UNDERSTAND CONCEPT OF SCIENCE

Lily Barlia,

Abstract


Abstrak: Kepribadian Guru  Sekolah Dasar  dan Motivasi  Belajar  Siswa  untuk
Memahami  Konsep  Sains.  Penelitian  ini  ditujukan  untuk  menggali  informasi
faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak usia sekolah dasar untuk
pemahaman  konsep  sains.  Subjek  penelitian  adalah  26    anak  SD  kelas VI  di  SD
RSBI  Banten  dan  guru  yang  membelajarkannya.  Metode  pengumpulan  data
dengan  angket  tentang  strategi motivasi belajar  anak  (MSLQ=Motivated  Strategies
for  Learning  Questionaires),  observasi  kelas,  dan  wawancara  terstruktur.  Analisis
data  dilakukan  untuk mendapatkan  gambaran  tentang  faktor-faktor  yang mem-
pengaruhi  motivasi  belajar,  dan  cross-case  analysis  untuk  setiap  anak.  Hasil
penelitian  menunjukkan  bahwa  setiap  anak  mempunyai  faktor  motivasi  yang
berbeda dalam belajar sains. Kepribadian guru yang unik, seperti kedekatan serta
berusaha  untuk memahami  dan menghargai  potensi  anak  didik  dapat mening-
katkan motivasi  anak  belajar  sains.  Dapat  disimpulkan  bahwa  di  dalam  proses
pembelajaran  sains  untuk  perubahan  konseptual,  seorang  guru  sekolah  dasar
harus  memahami  pentingnya  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  motivasi  anak
untuk belajar, termasuk kepribadian yang dapat diterima, sehingga mereka dapat
mengikuti proses pembelajaran dengan lebih bermakna. 
 
Katakunci:  motivasi,  pembelajaran  konseptual,  perubahan  konseptual, pembelajaran sains, kepribadian guru

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats