PEMBELAJARAN SENI LUKIS ANAK BERDASARKAN PENGALAMAN LOMBA
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1865Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar melukis dalam lomba, teknik dan media melukis dalam lomba, dan karakteristik seni lukis hasil belajar dalam lomba. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif; pengumpulan data dengan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan lukisan berdasarkan selektif verifikatif sesuai keunikan dan originalitas. Analisis menggunakan model hermeneutika untuk menafsir dan menemukan makna lukisan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar melukis dalam lomba bersifat individual sesuai apa yang dipikirkan, bukan yang dilihat. Tema lukisan sesuai dengan permintaan panitia lomba. Media dan teknik menggunakan mixed media spidol, crayon, acrilic. Penilaian lomba seni lukis adalah originalitas, kreativitas, teknik, warna, dan kesesuaian tema. Karakteristik lukisan ekspresif-dinamis-deformatif sesuai pikiran anak. Warna lukisan ekpresif-imajinatif, bukan imitatif. Lukisan anak hasil belajar dalam lomba unik, ekspresif, imajinatif, spontan, dan estetik. Kata Kunci: pembelajaran, seni lukis anak, pengalaman lombaDownloads
Published
2014-02-05
How to Cite
., M. (2014). PEMBELAJARAN SENI LUKIS ANAK BERDASARKAN PENGALAMAN LOMBA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1865
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.