TOLERANSI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURALISMESISWA SMA KATOLIK SANG TIMUR YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1863Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sikap toleransi dalam pendidikan multi- kulturalisme di kalangan siswa SMA. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip "rumah bersama" menjadi contoh penting dalam menumbuhkan sikap toleransi di antara siswa. Siswa diperlakukan sebagai anggota keluarga dekat dalam pergaulan dengan sivitas akademika lainnya. Prinsip "rumah bersama" ini seperti melting pot, tempat semua perbedaan ras, suku, agama, dan lainnya dilebur menjadi satu identitas tunggal sebagai saudara laki-laki dan saudara perempuan. Religiusitas adalah instrumentasi penerapan nilai universalitas agama mengenai tenggang rasa, toleransi, maupun perdamaian untuk menjaga semangat multikulturalisme dan memperkuat persaudaraan di antara para siswa. Kata Kunci : pendidikan multicultural, prinsip "rimah bersama", religiusitas, toleransiDownloads
Published
2014-02-05
How to Cite
Jati, W. R. (2014). TOLERANSI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURALISMESISWA SMA KATOLIK SANG TIMUR YOGYAKARTA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1863
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.