PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Abstrak: Pengembangan Model Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model bimbingan klasikal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP di Kulon Progo Yogyakarta dan mengetahui efektivitas modelnya. Pendekatan penelitian adalah Research and Development dengan subjek penelitian siswa dan guru bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data adalah angket bimbingan klasikal dan inventori motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji t dan deskriptif. Bimbingan klasikal dilaksanakan melalui interaksi edukatif, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, media film, LCD, hand out, papan tulis, terjadwal sepuluh pertemuan, disusun satuan layanan dengan topik delapan faktor instriksik motivasi belajar siswa. Uji efektivitas model menggunakan pretest dan posttest motivasi belajar siswa. Secara keluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan klasikal efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP di Kulon Progo dengan kontribusi peningkatan 44,99%.
Kata Kunci: bimbingan klasikal, motivasi belajar
Kata Kunci: bimbingan klasikal, motivasi belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v0i1.1472
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.