PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA KULIAH TEKNOLOGI AIR DAN PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI
I Made Gunamantha,
Abstract
Abstrak: Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Mata Kuliah Tekonologi Air dan Pengolahan Limbah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Teknologi Air dan Pengolahan Limbah Industri melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan reviu pokok bahasan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Analis Kimia FMPA Undiksha, sedang objek penelitian adalah aktivitas, hasil belajar, dan respon mahasiswa terhadap strategi pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian menujukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan reviu pokok bahasan dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa, tetapi hasil belajar mahasiswa masih belum memuaskan. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran yang diterapkan cukup positif. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran ini adalah waktu yang diperlukan cukup banyak dan ketersediaan sumber belajar yang terbatas.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, aktivitas, respon dan hasil belajar.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, aktivitas, respon dan hasil belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v0i1.1471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.