KONTRIBUSI PERSEPSI RISIKO KECELAKAAN KERJA TERHADAP PERILAKU K3 PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

Indonesia, Inggris

Authors

  • Dinar Kurniawan UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
  • Yoga Guntur Sampurno

Keywords:

Persepsi risiko kecelakaan kerja, Perilaku K3, Pembelajaran praktik, Risk perception of work accident, OHS behavior, Practical learning

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi risiko kecelakaan kerja peserta didik pada pembelajaran praktik, (2) perilaku K3 peserta didik pada pembelajaran praktik, dan (3) kontribusi persepsi risiko kecelakaan kerja terhadap perilaku K3 peserta didik pada pembelajaran praktik pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden 172 peserta didik kelas X dan XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sedayu. Data dikumpulkan menggunakan angket/kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan terhadap 30 peserta didik kelas XII. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi risiko kecelakaan kerja yang dimiliki oleh peserta didik berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata persentase sebesar 98,4750, (2) perilaku K3 yang dimiliki oleh peserta didik berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata persentase sebesar 121,2563, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi risiko kecelakaan kerja terhadap perilaku K3 peserta didik dengan nilai thitung sebesar 14,023 > ttabel sebesar 1,6545 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan kontribusi persepsi risiko kecelakaan kerja terhadap perilaku K3 sebesar 55,4%.

 

Kata kunci: Persepsi risiko kecelakaan kerja, Perilaku K3, Pembelajaran praktik.

Abstract

This study aims to determine: (1) students risk perception of work accident in practical learning, (2) students OHS behavior in practical learning, and (3) the contribution of work accident risk perception on students OHS behavior in practical learning in the Light Vehicle Engineering expertise program at state vocational 1 Sedayu. This research is a type of associative research using a quantitative approach. This research is a population study with 172 respondents in class X and XI of the Light Vehicle Engineering expertise program at the state vocational 1 Sedayu. Data were collected by questionnaire. The instrument validity and reliability test were carried out on 30 class XII students. Data analysis was performed by descriptive analysis and simple linear regression. The results of this study indicate that: (1) students perceptions of work accident risk are in the high category with an average percentage of 98,4750, (2) students OSH behavior is in the high category with an average percentage of 121,2563, and (3) there is a positive and significant relationship between work accident risk perceptions and OSH behavior of students with a tcount of 14.023 > ttable of 1.6545 with a significance value of 0.000 <0.05 and the contribution of work accident risk perceptions to OSH behavior of 55.4%.

 

Keywords: Risk perception of work accident, OHS behavior, Practical learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Kurniawan, D., & Guntur Sampurno, Y. (2025). KONTRIBUSI PERSEPSI RISIKO KECELAKAAN KERJA TERHADAP PERILAKU K3 PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU: Indonesia, Inggris. Journal of Automotive Technology and Education , 2(1), 1–11. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/publications/jate/article/view/995

Issue

Section

Articles