IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAHAN TENAGA KENDARAAN RINGAN (Studi kasus: SMK N 2 Wonosari saat Pandemi Covid-19)
Indonesia, Inggris
Keywords:
Implementasi, pembelajaran, kuesioner, Implementation, learning, questionnaireAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan penerapan pembelajaran daring di SMK N 2 Wonosari pada bidang alih daya dan perawatan sasis kendaraan ringan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei wawancara dan kuesioner digunakan untuk pengumpulan data, dan statistik dengan persentase digunakan untuk analisis data. Populasi pada penelitian ini sebanyak 90 siswa kelas XI SMK N 2 Wonosari. Siswa dan instruktur yang mengedukasi tentang pemeliharaan sasis dan transmisi tenaga mobil ringan adalah populasi sasaran penelitian. Survei online dengan 50 pertanyaan yang disajikan dengan Google form sebagai kuesioner utama penelitian. Analisis pada data yang menggabungkan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan visualisasi data. Hasil dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran daring SMK N 2 Wonosari secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik dengan persentase sangat baik (32,2%), baik (48,9%), buruk (44,4%), dan sangat buruk (8,9%) berdasarkan temuan penelitian secara keseluruhan. Terdapat persepsi kurang baik dari siswa yang kurang baik, beberapa temuan kelemahan dan kendala dari implementasi pembelajaran daring diantaranya: (1) kurangnya jangkauan jaringan internet, (2) pemahaman aplikasi pembelajaran daring, (3) kuota internet yang cepat habis.
Kata Kunci: Implementasi, pembelajaran, kuesioner.
Abstract
The purpose of this study was to determine the success of implementing online learning at SMK N 2 Wonosari in the outsourcing and maintenance of light vehicle chassis. This research is a qualitative descriptive study with interview survey methods and questionnaires used for data collection, and statistics with percentages used for data analysis. The population in this study were 90 students of class XI SMK N 2 Wonosari. Students and instructors who are educated about chassis maintenance and power transmission of light cars are the target population of the study. An online survey with 50 questions presented with Google form as the main research questionnaire. Analysis of data that combines quantitative descriptive analysis techniques with data visualization. The results in this study are that the implementation of online learning at SMK N 2 Wonosari as a whole is included in the good category with very good percentages (32.2%), good (48.9%), bad (44.4%), and very bad (8 .9%) based on the overall research findings. There is a poor perception of students who are not good, some findings of weaknesses and obstacles to the implementation of online learning include: (1) lack of internet network coverage, (2) understanding of online learning applications, (3) internet quota that runs out quickly.
Keywords: Implementation, learning, questionnaire.