MEMBELAJARKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS PENGETAHUAN DAUR HIDUP MANUSIA JAWA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i5.4215Abstract
Secara konsepsional, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD dekat dengan lingkungan. Oleh karena itu, pembelajaran IPS SD seharusnya memanfaatkan secara optimal potensi lingkungan agar lebih bermakna. Kenyataannya, hal ini belum dilakukan sebagian besar guru. Pembelajaran IPS SD cenderung tidak kontekstual. Potensi lingkungan setempat, khususnya budaya lokal, belum dimanfaatkan guru secara optimal dalam proses pembelajaran. Pembelajaran tetap mengutamakan pengembangan aspek intelektual dengan buku teks pegangan guru menjadi sumber belajar utama. Beberapa kesimpulan hasil penelitian menunjukkan hal ini, antara lain Pargito di Lampung (2000: 112), Samion di Kalimantan Barat (2002: 25), serta Sasongko (2004:3) maupun Sapri (2000: 16) di Bengkulu. Hal ini mengakibatkan siswa kurang mengapresiasi budayanya.Published
																			2015-04-29
																	
				How to Cite
Purbarini Kawuryan, S. (2015). MEMBELAJARKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS PENGETAHUAN DAUR HIDUP MANUSIA JAWA. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(5). https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i5.4215
Issue
Section
								WUNY
							
						License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
						


 Focus and Scope
Focus and Scope Editorial Team
Editorial Team Reviewer Team
Reviewer Team Section Policies
Section Policies Peer Review Process
Peer Review Process Publication Frequency
Publication Frequency Open Access Policy
Open Access Policy Plagiarism Policy
Plagiarism Policy Indexing & Abstractions
Indexing & Abstractions Publication Ethics
Publication Ethics Copyright & License
Copyright & License Article Processing Charge
Article Processing Charge
 Contact
Contact
