Pendekatan scientific dan Penilaian Autentik untuk Mengoptimalkan Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v18i2.10009Abstract
Pendidikan karakter sering dikenal dengan istilah pendidikanwatak atau budi pekerti. Pendidikan karakter adalah sebuah proses
pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai luhur, budi pekerti, atau
akhlak mulia yang berakar dari ajaran agama, nilai-nilai adat dan sosial
budaya di masyarakat. Pendidikan karakter sebenarnya merupakan
wujud tindakan penegasan karakter bangsa Indonesia yang hakikatnya
memang telah dimiliki oleh bangsa Indonesia, sejak bangsa ini ada.
Namun seiring dengan perkembangan peradaban manusia karakter
bangsa mulai terkikis. Krisis degradasi moral yang melanda masyarakat
Indonesia saat ini tengah berada pada taraf yang mengkhawatirkan.
Krisis karakter ini terlihat dari adanya pergeseran sikap dan perilaku
masyarakat yang meninggalkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
Dahulu bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang jujur, ramah,
bersahaja, bergaya hidup sederhana, dan menghargai sesama. Namun
saat ini sikap dan karakter tersebut tampak mulai langka ditemui di
tengah-tengah masyarakat Indonesia.
Downloads
Published
2016-07-14
How to Cite
Wahyuni, W. (2016). Pendekatan scientific dan Penilaian Autentik untuk Mengoptimalkan Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah WUNY, 18(2). https://doi.org/10.21831/jwuny.v18i2.10009
Issue
Section
WUNY
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.