Kurikulum Bukan Senjata Pamungkas Keberhasilan Pendidikan

 Widiatmoko Herbimo

Abstract


Bicara pendidikan di Indonesia, kita tidak lepas dari yang
namanya kurikulum. Kurikulum merupakan syarat mutlak bagi
pelaksanaan pendidikan formal di sekolah. Setiap praktek pendidikan
diarahkan pada pencapaian tujuan-tujuan tertentu, berkenaan dengan
penguasaan pengetahuan, pengembangan pribadi, kemampuan sosial,
maupun kemampuan bekerja.
Dalam sejarahnya, kurikulum pendidikan di Indonesia kerap
berubah, bahkan setiap ada pergantian Menteri Pendidikan. Namun,
mutu pendidikan di Indonesia hingga kini belum mampu memenuhi
standar yang jelas dan mantap. Dalam perjalanan sejarah sejak tahun
1945, kurikulum pendidikan nasional telah mengalami perubahan, yaitu
pada 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, dan terakhir
kurikulum 2013. Perubahan tersebut merupakan konsekuensi logis dari
terjadinya perubahan sistem politik, sosial, budaya, ekonomi dan Iptek
dalam masyarakat berbangsa dan bernegara.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v18i2.10008

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/jwuny.v18i2.10008.g7876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 WUNY UNY