MEMANFAATKAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA PADA PELAJARAN SOSIOLOGI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i02.3625Abstract
Peneliti tertarik pada strategi pembelajaran yang kreatif, maka muncullah ide untuk menerapkannya dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Sehingga dimanfaatkan kearifan local untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam materi pelajaran "modernisasi dan globalisasi. Penelitian ini termasuk jenis class action research. Rumusan masalahnya adalah; 1) apakah kreativitas siswa dapat meningkat dengan diterapkan metode memanfaatkan kearifan local, 2) bagaimana sisa dapat lebih mengenal budaya lokal dan melestarikannya, 3) apakah prestasi siswa dapat lebih meningkat dengan diterap-kannya metode pembelajaran yang berbeda pada setiap siklus. Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas siswa, mengenalkan langsung pada aset budaya lokal dan meningkatkan prestasi siswa. Pada siklus pertama, siswa diberikan kesempatan untuk diskusi kelompok di dalam kelas, siklus kedua siswa diberikan metode studi library dan meresume hasilnya dalam bentuk artikel, siklus ketiga siswa ditugaskan mengunjungi sekaligus meneliti eksistensi aset budaya lokal. Kesimpulan dalam penelitian ini; 1) kreativitas siswa meningkat, 2) siswa lebih mengenal dari dekat dan dapat belajar langsung pada aspek budaya lokal, 3) prestasi siswa meningkat dari siklus ke siklus, siklus pertama 60% siswa aktif, siklus kedua 75% dan siklus ketiga 100%. Saran yang dapat diberikan; perlu disusun model dan proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas, penyusunan bahan ajar disesuaikan dengan potensi dan karakteristik daerah, perubahan metode pembelajaran sosiologi sebagai ilmu sosial harus dilakukan dengan memanfaatkan kearifan lokal sebagai sumber belajar.
Kata Kunci: kearifan lokal, kreativitas, strategi pembelajaran, sosialisasi, "modernisasi &globalisasi"
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.