Diversitas persepsi masyarakat terhadap pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22678Keywords:
Diversitas, Persepsi, PendidikanAbstract
Persepsi masyarakat tentang sesuatu hal dapat berbeda berdasarkan pengalaman baik yang dialami secara pribadi maupun kolektif. Dalam penelitian ini fokus utama adalah melihat dan mendeskripsikan secara mendalam, beragam persepsi yang ada khususnya pada masyarakat gang Mundu. Jarak yang tidak seberapa jauh dengan Kampus Gedong Unindra dapat menghasilkan beragam persepsi masyarakat mengenai pendidikan. Persepsi tidak hanya sekedar berbentuk opini, melainkan dapat terwujud dalam suatu aktivitas yang didorong oleh suatu keinginan yang ada dalam diri manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan mewawancarai sampel representatif yakni warga masyarakat Gang Mundu. Penelitian ini berusaha mengungkap serta menggambarkan berbagai macam persepsi yang dimiliki masyarakat Gang mundu dengan harapan dapat bermanfaat sebagai bahan refleksi kampus Gedong UNINDRA. Hasil riset di lapangan menemukan terdapat berbagai keberagaman persepsi yang dimiliki oleh masyarakat Gang Mundu. Persepsi tersebut terbagi menjadi beberapa pola. Pola – pola tersebut antara lain, pola sosial, pola ekonomi dan pola akademik. Berbagai macam pola ini tentunya tercipta sebagai hasil hubungan timbal balik antara masyarakat Gang Mundu dengan hadirnya Kampus Gedong UNINDRA. Lebih jauh, hubungan timbal balik yang terjadi bukan sekedar persepsi yang tercipta dari hasil tangkapan indera saja melainkan hasil dari interaksi yang sulit dari kegiatan seleksi, penyusunan dan penafsiran.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Suatu pendekatan praktek (15 ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Lave, J. (2009). The practice of learning. In K. Illeris (Ed.), Contemporary Theories of Learning: Learning Theorists -- In Their Own Words. Routledge.
Mar'at. (1999). Sikap manusia perubahan dan pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Soekanto, S. (1977). Hukum dan masyarakat. Surabaya: Universitas Airlangga.
Suparlan, P. (2003). Bhinneka Tunggal Ika: Pendahuluan: masyarakat majemuk Indonesia dan permasalahannya. Antropologi Indonesia, 72, 24–37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.