Kurikulum BIPA dalam perspektif plurilingualisme: Tinjauan kritis atas respons terhadap repertoar bahasa pemelajar
DOI:
https://doi.org/10.21831/lt.v12i2.86541Keywords:
Kurikulum BIPA, Plurilingualisme, CEFR Companion Volume, Inklusivitas Linguistik, Repertoar BahasaAbstract
Penelitian ini mengkaji secara kritis kurikulum Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dalam konteks plurilingualisme, sebagaimana diuraikan dalam Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) Companion Volume (2020), serta prinsip inklusivitas linguistik UNESCO. Dengan menganalisis dokumen kurikulum BIPA, termasuk Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan silabus, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana kurikulum tersebut merepresentasikan kompetensi plurilingual dan merespons keberagaman repertoar bahasa pemelajar. Temuan menunjukkan bahwa meskipun SKL BIPA mengklaim adaptasi dari CEFR, representasi kompetensi plurilingual masih minimal, dengan fokus dominan pada penguasaan bahasa Indonesia secara terisolasi dan empat keterampilan dasar. Praktik pembelajaran BIPA yang ada seringkali diwarnai oleh tekanan monolingual, yang secara fundamental bertentangan dengan prinsip inklusivitas linguistik UNESCO yang memandang keberagaman bahasa sebagai aset. Pendekatan ini menghambat partisipasi aktif pemelajar dan memperparah tantangan yang muncul dari keberagaman latar belakang linguistik dan budaya. Penelitian ini merekomendasikan revisi kurikulum BIPA untuk secara eksplisit mengintegrasikan deskriptor plurilingualisme CEFR, mendorong strategi pedagogis seperti translanguaging dan pengajaran berdiferensiasi, serta investasi signifikan dalam pelatihan guru untuk mengubah persepsi dan membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menerapkan pedagogi plurilingual secara efektif. Kontribusi penelitian ini meliputi pengayaan literatur tentang plurilingualisme dalam konteks BIPA dan penyediaan rekomendasi praktis untuk pengembangan kurikulum yang lebih inklusif dan relevan, guna mendukung internasionalisasi bahasa Indonesia.
References
Andriyanto, O. D., Panich, P., Susanto, G., Ramansyah, W., Amil, A. J. ul, & Hardika, M. (2025). BIPA evaluation design based on local wisdom: Specific needs of Thai students. Educational Process: International Journal, 15(1). https://doi.org/10.22521/edupij.2025.15.105
Andriyanto, O. D., Septiana, H., Rhubido, D., & Hardika, M. (2024). Indonesian language curriculum design for foreign learners: Business-focused BIPA program at the intermediate level, Universitas Negeri Surabaya. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(4), 5300–5312. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5935
Arisnawati, N., Rahmatiah, & Yulianti, A. I. (2022). BIPA learning design based on Buginese culture. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(4), 459–470. https://doi.org/10.51574/ijrer.v1i4.447
Asteria, P. V., Rofiuddin, A., Suyitno, I., & Susanto, G. (2023). Indonesian-based pluricultural competence in BIPA teachers’ perspective. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 9(1), 190–201. https://doi.org/10.32601/ejal.901016
Council of Europe. (2018). Common European Framework of Reference for Languages: Learning, teaching, assessment. Companion volume. https://rm.coe.int/cefr-companion-volume-with-new-descriptors-2018/1680787989
Chaika, O. (2023). Translanguaging in multilingual classrooms: A case study analysis. Philological Review, 1, 127–135. https://doi.org/10.31499/2415-8828.1.2023.281366
Darihastining, S. (2021). An evaluation of BIPA teaching and learning at a university. ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 8(2), 221–233.
Fahmi, R. N., Handoko, M. P., & Kurniawan. (2021). BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing/Indonesian as a Foreign Language) policy as the implementation of national language politics. In Proceedings of the 1st International Conference on Language, Literature, and Arts (Vol. 512, pp. 280–283). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.053
Galante, A., Chiras, M., Wayne, J., Dela Cruz, N., & Zeaiter, L. F. (2022). Implementing critical plurilingual pedagogy in language education: Plurilingual guide. https://www.mcgill.ca/plurilinguallab/files/plurilinguallab/plurilingual_guide.pdf
Hutson, E. (2014). The interaction of volatility, volume and skewness: Empirical evidence. Finance Research Letters, 2003, 1–23.
Istanti, W., Yuniawan, T., Saptariana, Muljono, & Sukmono, I. K. (2025). Development of a communicative BIPA digital dictionary featuring Central Javanese cuisine for American students. Multidisciplinary Reviews, 8(2). https://doi.org/10.31893/MULTIREV.2025044
Kurniawan, K., Puspitasari, D. A., Batubara, D. H., Hernina, H., & Larasati, L. (2019). Pelaksanaan program BIPA dan hasil pembelajarannya. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(1), 11. https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i1.1692
Mintowati, M., Panich, P., Andriyanto, O. D., Septiana, H., & Tandra, H. Y. (2022). Problematics of BIPA teachers at Unesa Indonesia and Walailak University Thailand. In Proceedings of the International Conference of Humanities and Social Science (ICHSS) (Vol. 1, pp. 492–500).
Mulyaningsih, I. (2024). Pengembangan kurikulum BIPA di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 148–155. https://doi.org/10.26499/bahasa.v4i2.777
Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/
Reflinaldi, R., Faisol, Y., Hadi, S., & Ilyas, E. (2024). How to build strategic communication: Speech act analysis on King Salman’s speeches at the United Nations General Assembly. Journal of Pragmatics and Discourse Research, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.51817/jpdr.v4i1.742
Sari, R. (2020). Belajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan mudah dan cepat untuk pemula: Komunikasi aktif. Pustaka Rumah C1nta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Kholifah, Suyatno, Prima Vidya Asteria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LingTera allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open-access repository.
- Authors are allowed to archive the final published article in an open-access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal.

Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://petier.org/index.php/PETIER.




