Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Digital pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Mentari Kabupaten Malang

Nur Wahidin, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Supriyono Supriyono, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Edi Widianto, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pemanfaatan sumber belajar digital pada program pendidikan kesetaraan paket c di PKBM Mentari, (2) manfaat internet sebagai sumber belajar pada program pendidikan kesetaraan paket c di PKBM Mentari (3) fasilitas internet yang digunakan warga belajar pada progam pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Mentari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis deksriptif dengan sampel sebanyak 105 responden warga belajar paket c di PKBM Mentari. penelitian dilaksanakan pada masa pandemi covid-19, dengan menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan sumber belajar digital oleh warga belajar di PKBM mentari sangat tinggi. Manfaat internet sebagai sumber belajar antara lain konektifitas dan jangkuannya luas, aksesnya 24 jam, akses cepat dan mudah serta bianya cukup murah. Fasilitas internet yang digunakan warga belajar sebagai sumber belajar antara lain website, mesin pencari, surat elektronik serta media sosial.

 

The Utilization of Digital-Based Learning Resources in the Package C Equality Education Program at PKBM Mentari Malang Regency 

Abstract: This study aims to describe: (1) the use of digital learning resources in the package c equivalency education program at PKBM Mentari, (2) the benefits of the internet as a learning resource in the package c equivalency education program at PKBM Mentari (3) internet facilities used by learning citizens at the package C equivalency education program at PKBM Mentari. This study used a descriptive quantitative approach with a sample of 105 respondents who studied package c at PKBM Mentari. The research was conducted during the Covid-19 pandemic, using a questionnaire and documentation study. Data analysis used percentage descriptive analysis technique. The results showed that the use of digital learning resources by learning citizens at PKBM Mentari was very high. The benefits of the internet as a learning resource include broad connectivity and coverage, 24-hour access, fast and easy access and quite cheap costs. Internet facilities that are used by learning citizens as learning resources include websites, search engines, electronic mail and social media


Keywords


Sumber belajar digital; Pendidikan kesetaraan; PKBM, Digital learning resources; Equality education; PKBM

Full Text:

PDF

References


Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hafid, A. (2016). Sumber dan media pembelajaran. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 69–78, from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/view/1403

Purmadi, A., & Lukitasari, D. (2017). Pengembangan Sumber Belajar Digital Berbasis Web pada Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 6–15, from http://journal.ikipmataram.ac.id/index.php/jtp/article/view/588

Aminy, M. Z. (2015). Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Di STKIP Bima Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 927–932, from http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/59

Kominfo. Dirjen PPI: Survei penetrasi pengguna internet di indonesia bagian penting dari tranforamasi digital. Diakses dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-pengguna-internet-di-indonesia-bagian-penting-dari-tranforamasi-digital/0/berita_satker

Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law & Governance Journal, 2(4), 697–709, from https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/alj/article/view/6604

Hamdani, S. B. M. (2011). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV. Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.39712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats