PENGARUH SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM TERHADAP SIKAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) SISWA SMKN 2 BONE

Authors

  • Nur Magefirah Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Wasir Thalib Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Yasdin Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpvo.v8i1.91396

Keywords:

Facilities, Student Occupational Safety and Health (OSH) Attitudes

Abstract

SMK Negeri 2 Bone sebagai sekolah kejuruan dituntut untuk menghasilkan lulusan yang kompoten dan berkesadaran K3. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran ketersediaan sarana dan prasarana laboratorium berdasarkan persepsi siswa, (2) mengetahui gambaran sikap Keselamatan dan Kesehatan (K3) siswa, dan (3) mengetahui pengaruh sarana dan prasarana laboratorium terhadap sikap K3 siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 71 siswa dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor. Sampel sebanyak 60 siswa diambil secara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan 35 pernyataan untuk variabel X (sarana dan prasarana) dan 30 pernyataan untuk variabel Y (sikap K3). Data dianalisis menggunakan startistik deskriptif dan regresi linier sederhana dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana termasuk dalam kategori baik (85%), dan sikap K3 siswa juga berkategori baik (85%). Hasil uji regresi menunjukkan pengaruh positif dan sigi=nifikan dengan persamaan Y = 36,103 + 0,606 X dengan nilai R2 sebesar 0,429, yang berarti sarana dan prasarana memberikan kontribusi sebesar 42,6% terhadap sikap K3 siswa. Disimpulkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana laboratorium yang baik berpengaruh signifikan dalam pembentukan sikap K3 yang positif. Oleh karena itu, sekolah disarankan untuk terus memelihara dan meningkatkan kualitas laboratorium.

References

DAFTAR PUSTAKA

Mustofa, M. (2018). Pengaruh Sarana Prasarana Bengkel Pemesinan Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktik. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 6(3), 153-160.

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15-23.

Rahayu, E. P., Ratnasari, A. V., Wardani, R. W. K., Pratiwi, A. I., Ernawati, L., Lestari, S., ... & Prasetyo, E. (2022). Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Pradina Pustaka.

Ramadhan, G. T. (2016). Pengaruh Pengetahuan dan Sarana Prasarana terhadap Karakter Siswa terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 6(4).

Sitorus, R. N. (2023). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Kepatuhan Pekerja Dengan Menerapkan Program K3 Pada Pekerja Di Bagian Pengolahan Pks Pt Kresna Duta Agroindo Pelakar Mill Jambi Tahun 2022 (Doctoral Dissertation, Institut Kesehatan Helvetia Medan).

Downloads

Published

2025-11-01

How to Cite

Magefirah, N., Thalib, W., & Yasdin. (2025). PENGARUH SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM TERHADAP SIKAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) SISWA SMKN 2 BONE. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 8(1), 170–177. https://doi.org/10.21831/jpvo.v8i1.91396

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.