Analisis Hubungan Hasil Belajar Siswa terhadap Karakter "Menghargai Prestasi" di SMPN 5 Muaro Jambi

Penulis

  • Vetty Milyani Universitas Jambi
  • Wenny Sutomo SMPN 8 Batanghari

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.25221

Kata Kunci:

angket karakter siswa, hasil belajar siswa, hipotesis, korelasi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara hasil belajar siswa terhadap angket karakter "menghargai prestasi" di SMPN 5 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Populasi  dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Muaro Jambi, dengan sampel yaitu kelas VIII A dan VIII E sebanyak 45 responden. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda dan angket karakter siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis parametrik, yaitu dengan melakukan uji asumsi atau uji prasyarat berupa uji normalitas dan linearitas serta melakukan uji hipotesis berupa uji korelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara angket karakter siswa dengan hasil belajar siswa, baik itu kelas VIII A atau kelas VIII E. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig < 0,05. Oleh karena kedua variabel memiliki korelasi, maka Ha diterima.

Referensi

Anisabellah. (2017). Pengaruh sikap sosial siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang. Skripsi, dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Astalini., Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2018). Sikap terhadap mata pelajaran IPA di SMP se-kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan, 21(2), 214-227.

Astalini., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi sikap peserta didik terhadap mata pelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43.

Erviani, F. R., Sutarto., & Indrawati. (2016). Model pembelajaran instruction, doing, dan evaluating (MPIDE) disertasi resume dan video fenomena alam dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 53-59.

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman konsep kurikulum dan pembelajaran dengan peta konsep bagai mahasiswa pendidikan seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 1(1), 16-28.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96.

Hardiyanti, K., Astalini., & Kurniawan, D.A. (2018). Sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. Jurnal Edufisika, 3(2), 1-12.

Muhidin, A. (2017). Statistika pendidikan: pendekatan berbasis kinerja. UNPAM Press.

Putra, N. A. A. (2012). Hubungan karakter siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik (TITL) di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi, dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rachmawati, D., & Rohaeti, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakat terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 29-39.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif. Deepublish.

Rusmawati. (2016). Meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik melalui strategi pembelajaran discovery terbimmbing kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Barru. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 15-24.

Siswadi., Susilawati., & Hikmawati. (2018). Pengaruh pendekatan VAK (visualization, auditory, kinestetic) terhadap hasil belajar fisika siswa SMPN 10 Mataram. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 4(1), 30-34.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdikarya.

Sulastri., Imran., & Firmansyah, A. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90-103.

Diterbitkan

2019-06-15

Cara Mengutip

Milyani, V., & Sutomo, W. (2019). Analisis Hubungan Hasil Belajar Siswa terhadap Karakter "Menghargai Prestasi" di SMPN 5 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(1), 41–47. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.25221

Terbitan

Bagian

Articles