Pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific Approach untuk Mengoptimalkan Learning Outcome Siswa MTs Kelas VII

Penulis

  • Astuti Widiyarini MTs Sunan Pandanaran
  • Insih Wilujeng Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10949

Kata Kunci:

LKS scientific approach, keterampilan proses, sikap ilmiah, pengetahuan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan LKS berbasis Scientific Approach yang layak dalam meningkatkan Learning Outcome siswa MTs kelas VII, (2) mengetahui hasil peningkatan sikap ilmiah, keterampilan proses, dan pengetahuan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan LKS berbasis Scientific Approach. Penelitian ini merupakan research & development dengan model Borg & Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, gain score dan uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi LKS berbasis Scientific Approach layak digunakan dengan kategori "Sangat Baik", (2) LKS berbasis Scientific Approach dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa (gain score sebesar 0,64), keterampilan proses siswa (gain score sebesar 0,67), dan pengetahuan siswa (gain score sebesar 0,55).

Kata kunci: LKS scientific approach, keterampilan proses, sikap ilmiah, pengetahuan

Diterbitkan

2015-12-27

Cara Mengutip

Widiyarini, A., & Wilujeng, I. (2015). Pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific Approach untuk Mengoptimalkan Learning Outcome Siswa MTs Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 169–181. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10949

Terbitan

Bagian

Articles