Konstruksi Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Mahasiswa Bergaya Kognitif Field Independent

Authors

  • Mulyono Mulyono Jurusan Matematika FMIPA UNNES

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12153

Abstract

Pada dasarnya setiap individu itu unik. Untuk mencapai suatu pemahaman suatu konsep matematika tertentu, mungkin saja masing-masing individu mempunyai perjalanan yang berbeda. Perbedaan pada cara-cara orang memproses dan memanfaatkan lingkungannya dapat berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Perbedaan ini disebut dengan gaya kognitif (cognitive style). Gaya kognitif yang secara luas dibicarakan dan penting dalam pendidikan, yakni: field-independent (FI) dan field dependent (FD). Menurut teori APOS, seseorang dalam mengkonstruk konsep matematika melalui langkah-langkah Aksi, Proses, Objek, dan Skema. Permasalahan grafik fungsi merupakan salah satu permasalahan yang menarik sebagai objek kajian para peneliti. Bagaimana konstruksi pemahaman konsep grafik fungsi mahasiswa bergaya kognitif field independent berorientasi pada Teori APOS merupakan fokus dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bersifat kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian adalah seorang mahasiswa field independent yang telah mengikuti kuliah kalkulus. Dari hasil penelitian ini subjek penelitian ini sudah kokoh pemahamannya untuk konsep grafik fungsi.

Kata kunci: gaya kognitif, field independent, teori APOS, grafik fungsi

Downloads

Published

2016-12-27

How to Cite

Mulyono, M. (2016). Konstruksi Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Mahasiswa Bergaya Kognitif Field Independent. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(2), 57–63. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12153