Scopus Citation Analysis

Last update: December 3rd, 2021

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA is cited by articles on SCOPUS database at least 184 times since published on April 2015.

Citation Detail:

No

Cited as

Cited

1

Cahyanto, M. A. S., Ashadi, A., & Saputro, S. (2019). An analysis of gender difference on students’ misconceptions in learning the material classification and its changes. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 157-167.

1

2

Supandi, M., & Senam, S. (2019). Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan game ritual tumpe. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA5(2), 139-146.

1

3

Iriani, R., Herlina, A., Irhasyuarna, Y., & Sanjaya, R. E. (2019). Modul pembelajaran problem-based learning berbasis lahan basah untuk mempersiapkan calon pendidik berwawasan lingkungan lahan basah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA5(1), 54-68.

1

4

Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA5(1), 69-78.

1

5

Annisak, S. K., Indriyanti, N. Y., & Mulyani, B. (2019). Constructive controversy dan inkuiri terbimbing sesuai representasi tetrahedral pembelajaran kimia ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA5(1), 10-22.

1

6

Nugroho, R. A., & Suryadarma, I. G. P. (2018). Pengaruh servant leadership learning dengan concept mapping terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(1), 114-127.

1

7

Fitriyah, F., Sumpono, I., & Subali, B. (2018). Desain alat praktikum pembiasan cahaya untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(2), 169-180.

1

8

Fujiyanti, M., Susilowati, E., & Saputro, S. (2018). Studi komparasi learning cycle 5E dan learning together dikombinasi dengan drill and practice terhadap prestasi belajar kimia ditinjau dari keterampilan proses siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(1), 104-113.

1

9

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(1), 26-40.

1

10

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(2), 245-252.

1

11

Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA sekolah dasar berbasis problem-based learning untuk siswa learning disabilities. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(2), 191-202.

1

12

Maryani, I., & Amalia, L. (2018). The development of science comic to improve student’s understanding in elementary school. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(1), 75-82.

1

13

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(1), 26-40.

1

14

Putri, R. F., & Jumadi, J. (2017). Kemampuan guru fisika dalam menerapkan model-model pembelajaran pada Kurikulum 2013 serta kendala-kendala yang dihadapi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA3(2), 201-211.

1

15

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(2), 252-261.

1

16

Astatin, G. R., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis adobe flash untuk meningkatkan penguasaan kompetensi pada Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(2), 165-176.

1

17

Muskitta, M., & Djukri, D. (2016). Pengaruh model PBT terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMAN 2 Magelang. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(1), 58-65.

1

18

Mu'arif, H. A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan e-learning berbasis pendekatan ilmiah pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan3(2), 195-206.

1

19

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(2), 202-212.

1

20

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(2), 202-212.

1

21

Wibowo, A., & Laksono, E. W. (2015). Pengembangan dan Implementasi Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(2), 102-114.

1

22

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(2), 191-201.

1

23

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh model pembelajaran instad terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif fisika di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(2), 202-211.

2

24

Setiawati, I. K., & Senam, S. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis sets untuk meningkatkan scientific literacy dan foundational knowledge. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(2), 178-190.

1

25

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA3(2), 118-127.

1

26

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(2), 234-244.

1

27

Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA5(1), 69-78.

1

28

Urwani, A. N., Ramli, M., & Ariyanto, J. (2018). Analisis keterampilan komunikasi pada pembelajaran biologi sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(2), 181-190.

1

29

Ningrum, M.N., Dewi, N.R., Parmin, P (2018). Pengembangan modul pop-up berbasis inkuiri terbimbing pada tema tata surya untuk kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 1-10.

2

30

Nurhidayatulah, N., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Miskonsepsi materi larutan penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(1), 41-51.

2

31

Nugroho, A. A. (2017). The implementation of collaborative-based guided discovery reviewed from students’ analytical thinking skills and social skills. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA3(2), 128-136.

2

32

Santofani, A., & Rosana, D. (2016). Pengembangan tes kreativitas pada pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri pada materi teori kinetik gas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(2), 134-144.

2

33

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(2), 241-251.

2

34

Syaban, M. F., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan SSP zat dan energi berbasis keunggulan lokal untuk meningkatkan literasi sains dan kepedulian lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(1), 66-75.

2

35

Ni'mah, F. (2019). Research trends of scientific literacy in Indonesia: Where are we?. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA5(1), 23-30.

3

36

Nawawi, S., & Wijayanti, T. F. (2018). Pengembangan asesmen biologi berbasis keterampilan berpikir kritis terintegrasi nilai Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(2), 136-148.

3

37

Taqiyyah, S. A., Subali, B., & Handayani, L. (2017). Implementasi bahan ajar sains berbahasa inggris berbasis metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA3(2), 224-234.

3

38

Ramadani, M., Supahar, S., & Rosana, D. (2017). Validity of evaluation instrument on the implementation of performance assessment to measure science process skills. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA3(2), 180-188.

3

39

Dewi, N. D. L., & Prasetyo, Z. K. (2016). Pengembangan instrumen penilaian IPA untuk memetakan critical thinking dan practical skill peserta didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(2), 213-222.

3

40

Perkasa, M., & Aznam, N. (2016). Pengembangan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(1), 46-57.

3

41

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi bahan ajar dengan konteks socio-scientific issues pada materi zat aditif makanan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(2), 156-164.

3

42

Yarid, H., & Ariswan, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika problem based learning melalui kegiatan fieldtrip pada materi energi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(1), 24-34.

3

43

Sugiarto, A., & Djukri, D. (2015). Pembelajaran berbasis SETS sebagai upaya meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah pencemaran lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(1), 1-11.

3

44

Uswatun, D. A., & Rohaeti, E. (2015). Perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking skills dan scientific attitude siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(2), 138-152.

3

45

Iskandar, D., & Senam, S. (2015). Studi kemampuan guru kimia sma lulusan UNY dalam mengembangkan soal UAS berbasis HOTS. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(1), 65-72.

3

46

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA4(2), 234-244.

4

47

Ulva, S. M. (2017). Developing PBL kit by utilizing blog in order to improve scientific process and problem solving skills in physics learning. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA3(1), 89-100.

4

48

Nawawi, S. (2017). Developing of module challenge based learning in environmental material to empower the critical thinking ability. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA3(2), 212-223.

4

49

Muskitta, M., & Djukri, D. (2016). Pengaruh model PBT terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMAN 2 Magelang. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(1), 58-65.

4

50

Syarifah, S., & Sumardi, Y. (2015). Pengembangan model pembelajaran malcolm’s modeling untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(2), 237-247.

4

51

Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA3(1), 101-110.

5

52

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman konsep IPA siswa SMP melalui pembelajaran problem solving pada topik perubahan benda-benda di sekitar kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA3(1), 52-62.

6

53

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan media komik IPA untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter peserta didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(1), 24-35.

6

54

Hartini, H., & Sukardjo, S. (2015). Pengembangan higher order thinking multiple choice test untuk mengukur keterampilan berpikir kritis ipa kelas VII SMP/MTs. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(1), 86-101.

7

55

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(2), 191-201.

7

56

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(2), 252-261.

8

57

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh model pembelajaran instad terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif fisika di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(2), 202-211.

8

58

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA1(2), 153-166.

9

59

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA3(2), 118-127.

10

60

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(2), 145-155.

11

61

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA2(1), 88-99.

13

Source: scopus.com