Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara

Aries Anisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMPN 1 Bangsri Jepara. Metode penelitian ini adalah kuasi ekspreimen dengan cluster random sampling dan pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah RPP dan LKPD berbasis potensi lokal Jepara serta soal keterampilan berpikir kritis yang telah valid melalui validasi ahli, praktisi dan teman sejawat. Aktivitas pembelajaran IPA pada penelitian ini memungkinkan peserta didik memperoleh pengalaman secara langsung melalui interaksi dengan pelaku wirausaha pembuatan gerabah dan mebel Jepara sebagai bagian potensi lokal Jepara yang berkaitan dengan materi pembelajaran IPA. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menyambut era globalisasi saat ini. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMPN 1 Bangsri Jepara. Efektivitas pembelajaran ini ditunjukkan berdasarkan hasil uji t dengan nilai sig. 0,000.

Kata Kunci: pembelajaran IPA, potensi lokal, keterampilan berpikir kritis

 

Improving Students’ Critical Thinking Skill Through Science Teaching Based on Jepara’s Local Potential

 

Abstract

This research aims to analyzing the effectiveness of science teaching based on Jepara’s local potential to improve students’ critical thinking skill of SMPN 1 Bangsri Jepara. The mothods of research is quasi-experiment with the cluster random sampling and pretest-posttest control group design. Instruments of the research are lesson plan, student worksheet, and critical thinking skill test which have been valid through the expert, teacher, and peers validation. The science learning activity of this research makes students gain the experience directly through interaction with entrepreneurs of making pottery and furniture as part of Jepara’s local potential that related to science subject. It is expected to improve critical thinking skill of students to commemorate globalization.  The result of the research is science teaching based on Jepara’s local potential effective to improve students’ critical thinking skill of SMPN 1 Bangsri Jepara. The effectiveness of science teaching obtained from t test at sig. 0,000.

Keywords: science teaching, local potential, critical thinking skill


Keywords


science teaching, local potential, critical thinking skill

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Afrizon, R., Ratnawulan, & Fauzi, A. (2012). Peningkatan perilaku berkarakter dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX MTsN model padang pada mata pelajaran IPA-Fisika menggunakan model problem based instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika .

Borich, G. D. (1994). Observation skills for effective teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

Cavus, N., & Uzunboylu, H. (2009). Improving critical thinking skills in mobile learning. Procedia Social and Behavioural Sciences, 1 (2009), 434-438.

Collete, A. T., & Chiappetta, E. L. (1994). Science instruction in the middle and secondary schools. New York: Macmillan Publishing Company.

Ennis, R. H. (1985). A logical basis for measuring critical thinking skills. Association for Supervisi and Curriculum Development.

Fahim, M. (2012). Manipulating critical thinking skills in test taking. International Journal of Education, 4 (1), 153-160.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain score. Woodland Hills: Indiana University.

Hunter, D. A. (2009). A practical guide to critical thinking: Deciding what to do and believe. New Jersey: John Wiley & Sons, Ltd.

Kanzunnudin, M., & Oktavianti, I. (2014). Mengikis diskriminasi anak di sekolah melalui pengembangan keterampilan sosial siswa pada pembelejaran IPS berbasis keunggulan lokal kudus melalui penerapan recriprocal learning berbantu media dan metrik ingatan. Seminar Nasional (pp. 70-79). Kudus: Universitas Muria Kudus.

Khusniati, M. (2014). Model pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan karakter konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3 (1), 67-74.

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible”hidden variable” in diagnostic pretest scores. Journal of Research. Indiana: Vol 47 No 12.

Mendikbud. (2014). Ilmu pengetahuan alam SMP/Mts kelas VIII semester 1. Jakarta: Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud.

Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014, tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Mumpuni, K. E. Potensi pendidikan keunggulan lokal berbasis karakter dalam pembelajaran biologi di Indonesia. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. Solo: Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Parmin, Sajidan, Ashadi, & Sutikno. (2015). Skill of prospective teacher in integrating the concept of science with local wisdom model. Indonesian Journal odf Science Education , 120-126.

RepublikIndonesia. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003.

Santoso, M. A. (2010). Konsep diri melalui pendidikan berbasis keunggulan lokal sebagai model pendidikan berkarakter dan berbudaya bangsa di era global. The 4th International Conference on Teacher Education: Join Conference UPI & UPSI (pp. 477-486). Bandung: UPI & UPSI.

Sendag, S., & Odabasi, H. F. (2009). Effects of online problem based learning course on content knowledge acquisition and critical thinking skills. Computers & Education, 53 (2009), 132-141.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuntitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sunarto, Marfai, M. A., & Setiawan, M. A. (2014). Geomorfologi dan dinamika pesisir Jepara. Yogyakarta: Gajah Mada University Press .

Syarifah, & Sumardi, Y. (2015). Pengembangan model pembelajaran malcolm's modelling untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 (2), 237-247.

Uswatun, D. A., & Rohaeti, E. (2015). Perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking skills dan scintific attitude siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 (2), 138-152.

Wahyuni, S. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran IPA berbasis problem-based learning. FMIPA FKIP-UT.

Williams, J. D. (2011). How science work (teaching and learning in the science classroom). New York: Continuum International Publishing Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA indexed by:

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA by http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN: 2406-9205 | e-ISSN: 2477-4820

View My Stats