Analisis keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik: Dampak PjBL - STEM pada materi ekosistem

Tirka Rizal Allanta, UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
Laila Puspita, UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak PjBL dengan pendekatan STEM terhadap keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis quasi experiment dengan Nonequivalent Control Group Design, melibatkan dua subjek penelitian yaitu experiment class and control class. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan test essay berpikir kritis dan angket skala likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan ANOVA test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes dan postes kelas eksperiment sebesar 64,96 menjadi 84,24. Model PjBL dengan pendekatan STEM mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik yang ditandai adanya peningkatan skor rata-rata pretes dan postest pada tiap indikator dari 60,86 menjadi 81,22. Peningkatan skor pretes dan postes dengan N-Gain sebesar 0,55 atau 31% mengindikasikan terjadinya peningkatan dalam skala sedang. Disisi lain, rata-rata angket Self Efficacy kelas eksperimen mencapai sebesar 93% dangan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL – STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik kelas X pada materi ekosistem.

 

An analysis of students' critical thinking skills and self-efficacy: The influence of PjBL-STEM on ecosystem learning materials

 

Abstract: This research aimed to determine the influence of the PjBL model with the STEM approach on students' critical thinking skills and self-efficacy. This research is a quasi-experimental research with a nonequivalent control group design. This research also involved two research subjects, namely the experimental class and the control class. The population of this research was the tenth-grade students of SMA Gajah Mada Bandar Lampung. The samples were determined using the cluster random sampling technique. In collecting the data, the researchers employed a critical thinking test and a Likert scale questionnaire. The research data were analyzed using the ANOVA test. The results showed that the experimental class’s average score on the pretest experienced an improvement, from 64.96 to 84.24. The PjBL model with the STEM approach improved students' critical thinking skills and self-efficacy. The improvement was marked by the average pre-test and post-test scores improvement for each indicator, from 60.86 to 81.22. The improvement of pretest and posttest scores determined by the N-Gain test was 0.55 or 31%. Furthermore, the average self-efficacy score obtained by the experimental class was 93% within the excellent category. Therefore, it can be concluded that the PjBL model with the STEM approach influenced the tenth-grade students' critical thinking skills and self-efficacy on ecosystem learning materials.


Keywords


STEM; PjBL; Critical Thinking; Self-Efficacy

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Abdurrahman, A., Setyaningsih, C. A., & Jalmo, T. (2019). Implementating multiple representation-based worksheet to develop critical thinking skills. Journal of Turkish Science Education, 16(1), 138–155.

Adawiah, R., Side, S., & Alimin. (2014). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dalam model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik kelas MS SMAN 3 Lau Maros (Studi pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia). Jurnal Chemica, 15(2), 66–76. https://doi.org/10.35580/chemica.v15i2.4593

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project-based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45–53. http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Agustiana, N., Supriadi, N., & Komarudin, K. (2019). Meningkatkan kemampuan penalaran matematis dengan penerapan pendekatan Bridging Analogy ditinjau dari Self-Efficacy. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(1), 61–61.

Ahmad, D. N., Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Analisis mengukur kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran menggunakan metode STEAM-PjBL. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 331-336.

Ahriana, A., Yani, A., & Maruf, M. (2016). Studi analisis hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Takalar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 223–238. https://doi.org/10.26618/jpf.v4i2.312

Amalia, N. F., & Pujiastuti, E. (2017). Kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu melalui model PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 523–531.

Anjarwati, Y. (2016). Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran geometri dengan pendekatan pendidikan matematika realistik di kelas IV SDN 1 Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(1), 98. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p98-104

Ardianti, S., Sulisworo, D., & Pramudya, Y. (2019). Efektivitas blended learning berbasis pendekatan STEM education berbantuan Schoology untuk meningkatkan critical thinking skill pada materi fluida dinamik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.67

Arifin, P., Trisna, B. N., & Atsnan, M. F. (2017). Mengembangkan self-efficacy matematika melalui pembelajaran pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VII D SMP Negeri 27 Banjarmasin tahun pelajaran 2016-2017. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 93–104. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.59

Asmawati, E. Y. S., Rosidin, U., & Abdurrahman. (2018). Efektivitas instrumen asesmen model creative problem-solving pada pembelajaran fisika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Metro, 6(2), 130.

Asmi, S., Hasan, M., & Safitri, R. (2017). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 20–26.

Aulia, E. V., Poedjiastoeti, S., & Agustini, R. (2018). The effectiveness of guided inquiry-based learning material on students’ science literacy skills. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 012049. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012049

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927

Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1). http://dx.doi.org/10.17977/pg.v20i1.5011

Banawi, A., Sopandi, W., Kadarohman, A., & Solehuddin, M. (2019). Prospective primary school teachers’ conception changes on states of matter and their changes through predict-observe-explain strategy. International Journal of Instruction, 12(3), 359–374. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12322a

Cholisoh, E. (2019). Upaya meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis ilmiah pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran PJBL STEM pada materi termodinamika di kelas XI IPA 4 SMAN 10 Bandung semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019. Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0, 59-73.

Dewati, M., Bhakti, Y. B., & Astuti, I. A. D. (2019). Peranan microscope smartphone sebagai media pembelajaran fisika berbasis STEM untuk meningkatkan pemahaman konsep optik. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 4, 36-42.

Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas model pembelajaran project-based learning berbasis STEM dan tidak berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344–354. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.353

Fadlina, F., Artika, W., Khairil, K., Nurmaliah, C., & Abdullah, A. (2021). Penerapan model discovery learning berbasis STEM pada materi sistem gerak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 99–107. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18591

Fitriani, W. (2017). Analisis self efficacy dan hasil belajar matematika siswa di MAN 2 Batusangkar berdasarkan gender. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 1(1). 141-158. http://dx.doi.org/10.31958/agenda.v1i1.945

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran steam berbasis PJBL (project-based learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642

Harahap, N. M., Hutabarat, W., & Silaban, S. (2018). The effect of model problem-based learning (pbl) assistance of prezi media on student learning outcomes in colloid materials. 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018), 456–458.

Hasbullah, A. H., Parno, P., & Sunaryono, S. (2020). Efikasi diri siswa dalam pembelajaran proyek berbasis stem pada materi termodinamika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(3), 421–426. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13325

Hermayani, A. Z., Dwiastuti, S., & Marjono, M. (2015). Peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem melalui penerapan model inkuiri terbimbing. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 6(2). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i2.335

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project-based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21

Iolanessa, L., Kaniawati, I., & Nugraha, M. G. (2020). Pengaruh model problem-based learning (Pbl) menggunakan pendekatan STEM dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP. Wahana Pendidikan Fisika, 5(1), 113–117. https://doi.org/10.17509/wapfi.v5i1.23452

Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas virtual lab berbasis STEM dalam meningkatkan literasi sains siswa dengan perbedaan gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190–201. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8570

Jagantara, I. W. M., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. P. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1–13.

Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.9977

Khoiriyah, S. (2018). Analisis kemampuan berfikir kritis matematika pada siswa tunarungu di sekolah luar biasa (SLB) Negeri Pringsewu. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 375–378.

Komarudin, K., & Thahir, A. (2019). Bahan ajar berbasis mathematical comic: Dampak terhadap peningkatan pemahaman matematis peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 98–110. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.4210

Kono, R., Mamu, H. D., & Tangge, L. N. (2016). Pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa tentang ekosistem lingkungan di SMA Negeri 1 Sigi. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5(1), 28–38.

Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017). Pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 21, 266–274.

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project-based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241–251. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557

Latifah, S., Susilowati, N. E., Khoiriyah, K., & Rahayu, R. (2019). Self-efficacy: Its correlation to the scientific-literacy of prospective physics teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 012015. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012015

Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 202. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.809

Mardhiyatirrahmah, L., Muchlas, & Marhayati. (2020). Dampak positif dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran matematika di sekolah. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 78–88. http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5299

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam materi statistika kelas VIII sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 467–476. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.26

Mohd Najib, S. A., Mahat, H., & Baharudin, N. H. (2020). The level of STEM knowledge, skills, and values among the students of bachelor’s degree of education in geography. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 69–76. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20416

Nahdliyati, R., Parmin, P., & Taufiq, M. (2016). Efektivitas pendekatan saintifik dengan model project-based learning tema ekosistem untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 5(2). 1227-1234. https://doi.org/10.15294/usej.v5i2.12146

Ngabekti, S., Prasetyo, A. P. B., Hardianti, R. D., & Teampanpong, J. (2019). The development of stem mobile learning package ecosystem. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 81–88. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16905

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). The impact of self-efficacy on mathematics learning processes and outcomes. Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.514

Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202. https://doi.org/10.21009/1.03211

Nusarastriya, Y. H., Wahab, A. A., & Budimansyah, H. D. (2013). Pengembangan berpikir kritis dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan menggunakan project citizen. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). 444-449. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1631

Oktariani, O. (2018). Peranan self efficacy dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 41–50. http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.3.1.2018.41-50

Parmin, P., Saregar, A., Deta, U. A., & El Islami, R. A. Z. (2020). Indonesian science teachers’ views on attitude, knowledge, and application of STEM. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 17–31. https://doi.org/10.17478/jegys.647070

Putri, F. A. R., & Fakhruddiana, F. (2018). Self-efficacy guru kelas dalam membimbing siswa slow learner. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1), 1-8. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25161

Rachmawati, I., Feranie, S., Sinaga, P., & Saepuzaman, D. (2018). Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif ilmiah dan berpikir kritis ilmiah siswa SMA pada materi kesetimbangan benda tegar. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 25–30. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13725

Ramli, R., Yohandri, Y., Sari, Y. S., & Selisne, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik fisika berbasis pendekatan science, technology, engineering, and mathematics untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(1), 10. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/405

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059

Rindiantika, Y. (2021). Pentingnya pengembangan kreativitas dalam keberhasilan pembelajaran: kajian teoretik. INTELEGENSIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1).

Rosyida, F., Utaya, S., & Budijanto, B. (2016). Pengaruh kebiasaan belajar dan self-efficacy terhadap hasil belajar geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(2).

Sandra, K. I. (2013). Manajemen waktu, efikasi-diri dan prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3). 17-28. http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v21i2.5903

Santoso, S. H., & Mosik, M. (2019). Kefektifan LKS Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 248–253. https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35622

Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2), 194–204.

Siswanto, J. (2018). Keefektifan pembelajaran fisika dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 133–137. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183

Somawati, S. (2018). Peran efikasi diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800

Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. Sigma, 1(2), 64–68. http://dx.doi.org/10.0324/sigma.v1i2.68

Sumardiana, S., Hidayat, A., & Parno, P. (2019). Kemampuan berpikir kritis pada model project-based learning disertai STEM siswa SMA pada suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 874–879. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12618

Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-stem project-based learning: Its impact to critical and creative thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11-21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754

Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan kognitif dan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis proyek berpendekatan STEM. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018

Sunardjo, R. N., Yudhianto, S. A., & Rahman, T. (2016). Analisis implementasi keterampilan berpikir dasar dan kompleks dalam buku IPA pegangan siswa SMP kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Preceeding Biology Education Coference, 13(1), 133–144.

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di MTs N 2 Ciamis. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 39–44. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548

Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di kabupaten magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 223–231.

Tasiwan, Nugroho, S. E., & Hartono. (2014). Analisis tingkat motivasi siswa dalam pembelajaran IPA model advance organizer berbasis proyek. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2900

Thahir, A., Komarudin, K., Hasanah, U. N., & Rahmahwaty, R. (2019). Murder Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1123–1135. https://doi.org/10.17478/jegys.594709

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan autentic assesment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3107

Yasin, M., Huda, S., Septiana, R., & Palupi, E. K. (2020, February). Mathematical critical thinking ability: The effect of scramble learning model assisted by Prezi in Islamic School. Journal of Physics: Conference Series 1467, 012007. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012007

Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran project-based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 448–453. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8729

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Efektivitas pembelajaran STEM (science, technology, engineering and mathematics) berbasis moodle terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2). 309-320. http://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i2.2504

Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran efikasi diri (Self-Efficacy) dan kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). 130-143. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 13.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.42441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA indexed by:
 


Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA by http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN: 2406-9205 | e-ISSN: 2477-4820

View My Stats