KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SDN PERCOBAAN 2 DAN SDN NGRINGIN KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Authors

  • Listijaningsih Listijaningsih SD NEgeri Ngringin Depok Sleman
  • Udik Budi Wibowo Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6271

Keywords:

efektivitas sekolah, manajemen berbasis sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SDN Percobaan 2 dan SDN Ngringin Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Penelitian diadakan di SDN Percobaan 2 dan SDN Ngringin. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan karyawan untuk dijadikan informan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aspek konteks di SDN Percobaan 2 dan SDN Ngringin diperhatikan dengan sangat efektif; (2) pada aspek pendidik dan tenaga kependidikan SDN Percobaan 2 sangat efektif sedangkan, SDN Ngringin masuk kategori kurang efektif. Pada aspek pemenuhan sarana prasarana sekolah di SDN Percobaan 2 maupun SDN Ngringin sudah diupayakan secara efektif; (3) pada aspek proses pelaksanaan PBM pada dua sekolah tersebut berjalan efektif; dan (4) aspek produk, yakni budi pekerti dan kedisiplinan siswa, prestasi guru, dan prestasi sekolah di SDN Percobaan 2 dan SDN Ngringin sudah berhasil dengan efektif.

Downloads

Published

2015-10-23

How to Cite

Listijaningsih, L., & Wibowo, U. B. (2015). KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SDN PERCOBAAN 2 DAN SDN NGRINGIN KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 66–81. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6271

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>