KEEFEKTIFAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN TALANG EMPAT BENGKULU TENGAH

Authors

  • Ajeng Lentika Sari Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
  • Sukoco Sukoco Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6266

Keywords:

keefektifan, supervisi akademik, kesulitan, upaya mengatasi kesulitan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan supervisi akademik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut, kesulitan yang muncul, dan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan supervisi akademik pada kategori efektif. (2) Pelaksanaan supervisi akademik pada kategori efektif. (3) Tindak lanjut supervisi akademik pada kategori efektif. Secara umum supervisi akademik oleh kepala sekolah dasar negeri sekecamatan Talang Empat, Bengkulu Tengah efektif. (4) Kesulitan yang dihadapi adalah Kepala Sekolah yang kurang professional dan birokrasi yang rumit. (5) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan antara lain : meningkatkan kompetensi melalui partisipasi aktif dalam kelompok kerja Kepala Sekolah (K3S) dan kelompok kerja guru (KKG) sebagai wadah pembinaan professional dan peningkatan mutu pendidikan.

Downloads

Published

2015-10-23

How to Cite

Sari, A. L., & Sukoco, S. (2015). KEEFEKTIFAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN TALANG EMPAT BENGKULU TENGAH. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6266

Issue

Section

Articles