KEEFEKTIFAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN TALANG EMPAT BENGKULU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6266Keywords:
keefektifan, supervisi akademik, kesulitan, upaya mengatasi kesulitanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan supervisi akademik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut, kesulitan yang muncul, dan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan supervisi akademik pada kategori efektif. (2) Pelaksanaan supervisi akademik pada kategori efektif. (3) Tindak lanjut supervisi akademik pada kategori efektif. Secara umum supervisi akademik oleh kepala sekolah dasar negeri sekecamatan Talang Empat, Bengkulu Tengah efektif. (4) Kesulitan yang dihadapi adalah Kepala Sekolah yang kurang professional dan birokrasi yang rumit. (5) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan antara lain : meningkatkan kompetensi melalui partisipasi aktif dalam kelompok kerja Kepala Sekolah (K3S) dan kelompok kerja guru (KKG) sebagai wadah pembinaan professional dan peningkatan mutu pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.