MENCARI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Suparlan Suparlan Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/hum.v15i1.7643

Abstract

Abstrak
Pendidikan karakter merupakan keniscayaan, karena terbukti mampu
mengantarkan kesuksesan akademik dan kehidupan, mampu membantu
mempersiapkan anak menghadapi tantangan hidu, mampu membantu mendorong tingkah laku baik, memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Pendidikan karakter menjadi mendesak untuk diterapkan disemua aspek pendidikan karena melihat realitas manusia yang sudah semakin jauh dari nilai - nilai kebenaran. Pendidikan karakter adalah ditujukan untuk membangun nilai, sikap dan prilaku anak didik secara konsisten, sehingga prilaku anak didik senantiasa dengan ikhlas istiqomah dengan prilaku baik dalam situasi dan kondisi apapun. Model pendidikan karakter yang dikembangkan adalah model pendidikan keterpaduan yang mengoptimalkan seluruh komponen keluarga baik keluarga, sekolah, dan masyarakat, dan penendiikan yang mengintegrasikan pengoptimalan potensi hati, akal, jiwa, fisik anak.

Downloads

Published

2015-09-01

How to Cite

[1]
Suparlan, S. 2015. MENCARI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 15, 1 (Sep. 2015), 75–88. DOI:https://doi.org/10.21831/hum.v15i1.7643.