PENINGKATAN PERILAKU RELIGIUS MELALUI INTEGRASI PEMBELAJARAN PAI DAN PEMBINAAN DI UNIT KEGIATAN KEAGAMAAN MAHASISWA

Syukri Fathudin AW, Sudiyatno Sudiyatno

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui 1) model  pembinaan keagamaan di UNY; 2) mengetahui apakah ada perbedaan dalam berperilaku religius antara mahasiswa  yang mengikuti pembelajaran PAI terpadu dengan mahasiswa yang mengikuti  pembelajaran PAI; dan 3) mengetahui perilaku religius mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Pendidikan Agama Islam yang terintegarasi dengan pembinaan di unit kegiatan keagamaan.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Subjek penelitiannya adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNY kelas A. Objeknya adalah integrasi pembelajaran PAI dan pembinaan keagamaan mahasiswa melalui  pelaksanaan program Tutorial Pendidikan Agama Islam.

Hasil yang bisa diperoleh adalah: 1) Model pembinaan keagamaan yang tepat untuk pembinaan keagamanaa melalui   Tutorial Pendidikan Agama Islam adalah dengan strategi pembelajaran melalui diskusi dengan topik-topik kontemporer yang terjadi di masyarakat; 2) Hasil probabilitas 0,857 > 0,05  = Ho diterima. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam berperilaku religius  antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran PAI terpadu dengan mahasiswa yang mengikuti  pembelajaran PAI; dan 3) Perilaku religius mahasiswa  yang mengikuti perkuliahan Pendidikan Agama Islam yang terintegrasi dengan pembinaan di unit kegiatan keagamaan pada umumnya, baik hal tersebut berdasar hasil rata- rata amalan harian yaitu amalan Shalat fardlu dihasilkan rata-rata 3,78 maupun rata-rata amalan bacaan tilawah Al Qur’an yaitu 3,07.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v9i1.3783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

   
 
 
 
Creative Commons License

Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

 

ISSN (p) 1412-1271                                     ISSN (e)  2579-4248

View My Stats