METODE PEMBELAJARAN BERBASIS HADIS
Abstract
Metode pembelajaran adalah berbagai cara yang dipergunakan pendidik dalam
menyampaikan bahan pelajaran kepada peserta didik, sehingga dengan metode yang tepat
dan sesuai, bahan pelajaran dapat diterima dan dikuasai dengan baik oleh peserta didik.
Begitu pula dengan Rasulullah SAW. Beliau menyampaikan sebuah pendidikan,
pembelajaran atau pengajaran kepada para sahabat juga menggunakan berbagai macam
cara atau metode, sehingga para sahabat dapat menerima, memahami dan menguasai apa
yang disampaikan oleh Rasulullah SAW.
Beberapa metode pembelajaran yang dikemukakan dalam makalah ini, merupakan
metode – metode yang digunakan oleh Rasulullah SAW dalam menyampaikan materi
kepada para sahabat. Metode – metode tersebut terdiri dari metode ceramah, metode
diskusi, metode keteladanan, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode
keteladanan, metode pembiasaan,metode mau’izahat dan nasihat, metode kisah, metode
perumpamaan, metode hadiah dan hukuman, metode gradual, metode perbandingan, dan
metode menggunakan gambar.
Pada dasarnya metode–metode pembelajaran yang digunakan oleh Rasulullah SAW.
Hingga saat ini masih digunakan dalam dunia pendidikan, artinya begitu besar manfaat
dari pada metode tersebut digunakan dari pada masa Rasulullah SAW hingga masa
sekarang ini dan artinya pula sudah ratusan tahun yang lalu metode – metode tersebut telah
digunakan oleh Rasulullah SAW.
Learning methods are various ways conducted by educators in delivering learning
material to students, so that with the right and appropriate methods, learning materials can
be accepted and mastered well by students. Likewise with the Prophet Muhammad. He
conveyed that education, learning or teaching to friends also used a variety of ways or
methods, so that friends could receive, understand and master what was conveyed by the
Prophet Muhammad.
Some of the learning methods presented in this paper are those used by the
Prophet Muhammad in delivering material to friends. The methods consist of lectures,
discussions, exemplaries, questions and answers, demonstrations, habituations, mischiefs
and advices, stories, parables, rewards and punishments, gradualism, comparisons, and
using of images.
Basically those methods is still applied in the world of education, meaning that
so much benefit from the method used from the time of the Prophet Muhammad to the
present and its meaning also hundreds of years ago these methods have been used by the
Prophet Muhammad.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/hum.v18i1.23127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Rubini Rubini
Supervised by
Our Journal has been Indexed by
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.