Implementasi Metode Inquiry Discovery untuk Pembentukan Kreativitas Mahasiswa dalam Seni Penyajian Makanan
DOI:
https://doi.org/10.21831/hej.v1i1.23283Keywords:
kreativitas, metode inquiry discovery, penyajian makananAbstract
Kreativitas dapat dikembangkan melalui berbagai cara, sementara ini implementasi inquiry dan descovery pada praktek seni penyajian makanan belum pernah dikaji. Melalui tulisan ini ingin diketahui apakah penggunaan metode inquiry. Discovery berdampak pada pembentukan kreativitas seni penyajian makanan. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian tindakan kelas, metode penelitian dimodifikasi dari Kemmis, setiap siklus dibagi 3 tahap yaitu perencanaan, observasi dan tindakan serta refleksi. Subjek penelitian adalah 39 orang mahasiswa. Pengumpulan data melalui observasi, angket dan wawancara, Analisis data dilakukan secara deskiptif kuantitatif. Hasil penelitian menemukan metode inquiry discovery menunjukkan kreativitas proses sangat baik (3,44) dan kreativitas produk baik (3,97), dan kreativitas individu secara rerata sangat baik (3,33). Dengan demikian proses inquiry dapat membentuk peserta didik untuk berkreasi pada aktivitas seni penyajian makanan, hal ini dapat dibuktikan dengan produk yang dihasilkan lebih bervariasi tidak terpancang pada contoh yang diberikan oleh dosen, dan gambar atau model yang di dapatkan melalui internet.
References
Calhoun, C.C., Finch, A.V. (1982) . Vocational Education: Concepts and Operations (2nd ed.). Belmont, California: Wadworth Publishing Company.
Dedi Supriadi. (2002) . Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung : Alfabeta
Finch, C.R., dan Crunkilton, J.R. (1984). Curriculum Development in Vocational and Technical Education: Planning, Content and lmplementation. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
http://dasar-teori. blogspot.com /2011/08/pengertian-metode-pembelajaran_01.html, diakses 20 Februari 2014.
Oemar Hamalik . (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara:
Oemar Hamalik. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Purwadarminta. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. (edisi ketiga). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Sismono La Ode, dkk . (2006). Di Belantara Pendidikan Bermoral. Biografi Pemikiran dan Kepemimpinan Prof. Suyanto, Ph.D. Yogyakarta: UNY Press.
Stemberg J.R & Williams, M.W (1996:3) How to Develo Student Creativity. Alexandria Virginia: Assosiation for Supervition and Curiculum Development
 
						 
							
 Focus and Scope
Focus and Scope Editorial Team
Editorial Team Reviewer Team
Reviewer Team Section Policies
Section Policies Peer Review Process
Peer Review Process Publication Frequency
Publication Frequency Open Access Policy
Open Access Policy Plagiarism Policy
Plagiarism Policy Indexing & Abstractions
Indexing & Abstractions Publication Ethics
Publication Ethics Copyright & License
Copyright & License Article Processing Charge
Article Processing Charge Authorship Diversity
Authorship Diversity Contact
Contact Reviewer Guidelines
Reviewer Guidelines Guiedeline For Reviewing A Manuscript
Guiedeline For Reviewing A Manuscript Formulir Reviewer
Formulir Reviewer Author Guideline
Author Guideline Template Journal
Template Journal Submit
Submit Author Procedure
Author Procedure 
  
  
  
  
 
