Peningkatan Kemampuan Menerapkan Konsep dalam Geografi melalui Model Pembelajaran berbasis Proyek
DOI:
https://doi.org/10.21831/gm.v23i2.88688Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menerapkan konsep geografi siswa kelas X SMA. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menghubungkan konsep geografi dengan fenomena nyata, khususnya dalam materi klasifikasi batuan. Penelitian menggunakan desain eksperimen semu dengan dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan rata-rata gain score kelas eksperimen sebesar 31 dan kelas kontrol sebesar 18. Uji t menunjukkan signifikansi 0,031 (< 0,05), yang menandakan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek berdampak positif terhadap kemampuan siswa. Temuan ini memperkuat pentingnya penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kompetensi geografi siswa secara kognitif dan aplikatif, sekaligus mengembangkan keterampilan kolaborasi, tanggung jawab, dan berpikir kritis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Skolastika widiatikasyanti, Elinda Tria Wati, Risky Setiawan, Saefur Rochmat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.






