Makna Volunteering bagi Mahasiswa
Studi Kasus di Universitas Jenderal Soedirman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna volunteering sebagai bentuk kepedulian sosial bagi mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif daan teknik analisis tematik, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap mahasiswa yang memiliki pengalaman volunteering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan volunteering bukan hanya menjadi sarana pengabdian kepada masyarakat, tetapi juga sebagai ruang untuk mengenali diri, membentuk empati, dan membangun relasi sosial yang bermakna. Volunteering menjadi proses belajar yang melibatkan refleksi diri dan interaksi sosial yang mampu membentuk kesadaran baru terhadap peran sosial mereka. Temuan ini juga turut menegaskan bahwa stereotip generasi Z sebagai generasi apatis dan individualistis tidak sepenuhnya tepat karena generasi Z menunjukkan kepedulian yang nyata melalui keterlibatan sukarela.
This research aims to understand the meaning of volunteering as a form of social care for students of Universitas Jenderal Soedirman. This research uses a qualitative-descriptive approach and thematic analysis techniques, data collected through in-depth interviews with students who have volunteering experience. The results showed that student involvement in volunteering activities is not only a means of community service, but also a space to recognize themselves, form empathy, and build meaningful social relationships. Volunteering becomes a learning process that involves self-reflection and social interaction that can form a new awareness of their social role. This research also confirms that the stereotype of Generation Z as an apathetic and individualistic generation is not entirely correct because Generation Z shows real concern through volunteer involvement.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa Shifa Nur Abidah, Hariyadi, Tri Rini Widyastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).






