Penerapan Model Pembelajaran STAD Kuis Kompetisi Kelompok untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif STAD kuis kompetisi kelompok untuk meningkatkan minat belajar PKn pada siswa kelas X Agribisnis Ternak Unggas (ATU) 2 di SMK Negeri 1 Pandak Menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reasearch). Dilaksanakan dalam dua siklus Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung saat pembelajaran. Indikator keberhasilan didasarkan pada rerata persentase peningkatan minat dari 25% menjadi 75%. Data dianalisis dengan statistika deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD kuis kompetisi kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan rerata persentase minat siswa dalam pembelajaran PKn.
Kata kunci : STAD kuis kompetensi kelompok, minat belajar, PKn
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9909
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JURNAL SOCIA
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats