Pengaruh Model Nested dan Webbed Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu SMP
MUHSINATUN SIASAH MASRURI,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran nested dan model pembelajaran webbed. Penelitian eksperimen menggunakan desain Randomized Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Validasi instrumen dilakukan dengan validasi logis (expert judgement) dan validasi empiris melalui ujicoba untuk mengukur daya pembeda soal dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model nested dan dengan menggunakan model webbed dengan nilai t sebesar 0,314 > 0,05, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan. Dengan demikian hasil belajar dengan model nested maupun model webbed tidak berbeda secara signifikan.
Kata Kunci : Pengaruh, Model Nested, Model Webbed
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JURNAL SOCIA
SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.
eISSN : 2549-9475 | pISSN : 18295797
SOCIA is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Suported by:
View My Stats